Surya Paloh Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Surya Paloh saat konferensi pers di Nasdem Tower Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.
Surya Paloh saat konferensi pers di Nasdem Tower Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

Jakarta, Berita11.com— Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Ia juga mengajak seluruh komponen mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentaingan golongan dan kelompok.

“Tugas kita bersama untuk memberikan respon yang baik, berkenaan dengan telah selesainya ditetapkan Komisi Pemilihan Umum untuk rekapitulasi suara, baik untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden,” kata Surya Paloh dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/3/2024) sebagaimana dikutip Berita11.com dalam kanal youtube.

Bacaan Lainnya

Paloh mengatakan, sebagai sebuah mekanisme yang telah ditetapkan dan disepakti bersama dalam kehidupan politik kenegaraan, hasil pemilu harus diterima. Walaupun terdapat beberapa catatan dan evaluasi. Bahkan gugatan atas Pemilu ke-13 dalam sejarah kehidupan politik di Indonesia.

“Tidak kurang dari kalangan aktivitas, dari berbagai kelompok Masyarakat sipil hingga guru besar, kampus kampus ternama di seluruh tanah air. Namun apapun itu, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, kita harus menerima,” kata dia.

BACA JUGA: Stok Beras Tipis dan jadi Sumber Diabetes, Mendagri ajak Masyarakat Tinggalkan Makan Nasi

Menurutnya, harus ada evaluasi atau koreksi hingga diskursus yang tidak berkesudahan dalam memperbaiki sistem pemilu atau paket berdemokrasi. Namun kehidupan berpolitik harus terus berlangsung.

“Kita harus terus berdialektika dalam kehidupan berpolitik yang teratur. Suka atau tidak suka, sepakat atau tidak bersepakat, sebab hajat hidup bangsa ini harus tetap diperhatikan. Kenyataan politik hari inii adalah bagian dielaktika yang harus terus kita jalani,” katanya.

Paloh juga mengatakan, demokrasi senantiasa menyisakan ruang bagi bentuk perbaikan atau penyelewengan dari bentuk kekuasaan. “Yang paling penting adalah bagaimana komitmen kita kaum demokrat, sebagai kaum pergerakan, sebagai bagian dari masyarakat sipil untuk terus menerus tidak pernah berhentik memperbaiki praktik-prakti berdemokrasi kita demi terciptanya kehidupan politik dan kekuasaan yang mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Dalam konferensi pers tersebut, Surya Paloh juga membacakan lima pokok pernyataan sikap Partai Nasdem terhadap hasil Pemilu 2024.

“Satu, Partai Nasdem menyatakan menerima hasil pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, baik pemilihan anggota legislatifnya maupun pemilihan presiden dan wakil presiden dalam pilpres,” ucap Surya Paloh.

    • Partai Nasdem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu 2024 beserta tiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi pemilhan presiden pada pemilu 2024. Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres tahun 2024.
    • Atas berbagai catatan yang ada Partai Nasdem senantiasa berada pada kehendak yang terus menerus berupaya memperbaiki kehidupan berdemokrasi dan politik. Nasdem akan selalu siap, terbuka serta telah menjalin komunikasi dan korespendensi dengan berbagai kelompok masyarakat sipil, akademisi, para tokoh, cendekiawan, guru besar hingga media sebagai pilar demokrasi keempat dalam mewujudkan kehidupan tersebut.
    • Partai Nasdem menyadari bahwa partai politik adalah satu dari sekian pilar demokrasi. Nasdem menyadari bahwa tidak hanya membutuhkan otoritas yang kuat, akan tetapi praktik check and balance yang sehat. Oleh karena itu selain perlu membangun sistem politik dan kekuasaan yang sehat, kita juga membutuhkan kecerdasan politik warga negara yang kuat.
    • Partai Nasdem mengajak seluruh komponen bangsa untuk mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentaingan golongan dan kelompok di dalam upaya mencari keadilan pasca pemilu.
    BACA JUGA: SE Menhan Bocor, HBK Sebut Serangan Balik Broker dan Makelar Alutsista

    “Demikian pernyataan ini disampaikan, semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada bangsa ini untuk memperbaiki dan terus meningkatkan diri masa depan,” ujar Paloh. [B-19]

    Follow informasi Berita11.com di Google News

    Pos terkait