26 Warga dan Pelajar yang Melintas ke Lakey Jalani Swab Antigen Acak oleh Polres Dompu

Puluhan Pelajar Menjalani Swab Antigen secara Acak saat Melintas di Jalan Menuju Lakey di Desa Adu Kabupaten Dompu, Sabtu (29/5/2021).

Dompu, Berita11.com— Sebanyak 26 warga dan pelajar yang melintas di Jalan Lintas Lakey di Dusun Adu, Desa Adu, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat menjalani swab antigen secara acak yang dilaksanakan Polres Dompu, Sabtu (29/5/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatanpeningkatkatan pelayanan kepada masyarakat terhadap upaya menekan penyebaran Covid-19 tersebut dilaksanakan anggota Polsek Hu’u Polres Dompu.

Kepala Kepolisian Resor Dompu Polda NTB AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K mengatakan, seluruh jajarannya masih memperketat swab antigen terhadap warga. Kegiatan dilaksanakan Puskesmas di Kabupaten Dompu.

BACA JUGA: Bupati Bima Ingatkan DLH agar Serius Tangani Sampah

“Kegiatan swab antigen tersebut yang dilaksanakan oleh Polsek Hu’u bersama Puskesmas Hu’u bertujuan untuk mengantisipasi dan mengurangi adanya penularan Covid-19 di wilayah Dompu, khususnya di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu,” kata AKBP Syarif Hidayat SH, S.I.K saat dikonfirmasi.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut juga untuk mendukung program Kampung Sehat II yang digagas Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K M.H dalam mendukung pemerintah daerah menurunkan kurva penyebaran Covid-19 di wilayah NTB, khususnya di Kabupaten Dompu.

“Oleh karena itu, kita tidak mau lengah sedikitpun terhadap Covid-19 dan sudah seharusnya deteksi dini swab antigen dilaksanakan guna meminimalisasi penularan Covid-19,” kata Syarif.

Kapolres menegaskan, pihaknya tidak main-main dalam penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat.

BACA JUGA: Tanggapi Keluhan Keluarga Pasien yang Diduga 'Ditolak' RSUD, Ombudsman NTB Isyaratkan Siap Terima Laporan Warga

Dari swab antigen acak terhadap 26, hasilnya seluruhnya nonreaktif. Kapolsek Hu’u sudah melakukan koordinasi dengan kepala Puskesmas Hu’u dan petugas serta bidan desa, bahwa swab antigen terhadap warga yang melintas di Jalan Lakey, Kecamatan Hu’u akan terus dilakukan.

Syarif berharap upaya, apa yang telah dilakukan jajarannya dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Hu’u dan umumnya di wilayah Kabupaten Dompu.

“Terpenting guna menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Untuk melawan virus ini harus dimulai dari diri sendiri serta ke depannya kita berharap masyarakat Kabupaten Dompu tetap menerapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbaunya. [B-10]

Pos terkait