Gelar HKN ke-59, Dikes Kota Bima Pertegas Enam Pilar Transformasi Kesehatan

Suasana upacara Hari Kesehatan Nasional di halaman Dinas Kesehatan Kota Bima, Minggu (12/11/2023). Foto Ist.
Suasana upacara Hari Kesehatan Nasional di halaman Dinas Kesehatan Kota Bima, Minggu (12/11/2023). Foto Ist.

Kota Bima, Berita11.com— Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menggelar upacara memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di dinas setempat, Minggu, (12/11/2023).

Upacara bertajuk Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju tersebut berlangsung khidmat dan diikuti seluruh insan kesehatan serta organisasi profesi kesehatan di Kota Bima. Upacara dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima H. Ahmad.

Bacaan Lainnya

Ahmad menyampaikan tugas prioritas menangani Covid-19 telah berhasil membawa Indonesia keluar dari masalah tersebut. Sementara saat ini pemerintah juga terus melakukan upaya menangani masalah lain kesehatan yang merupakan program prioritas nasional, seperti Upaya menurunkan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

BACA JUGA: Kiprah Bhabikamtibmas Desa Mapin KSB, Kunjungi Lansia dan Ulurkan Bansos

“Pengalaman saat penanganan pandemi menjadi pelajaran baik dalam menjalin kerja sama dan keterlibatan semua sektor dalam percepatan pencapaian upaya kesehatan,” ujar Ahmad.

Menurutnya, HKM merpakan momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi sistem kesehatan di tanah air.Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada enam pilar.

“Hal tersebut tentu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan dating,” katanya.

Ahmad menjelaskan enam pilar transformasi Kesehatan, di antaranya; transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan. [B-22/*]

BACA JUGA: HML: Saya Meyakini bahwa kebenaran tidak akan pernah Tertukar

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait