Teknik Intelijen NSA Sadap Pengguna PC tanpa Sambungan Internet

ilustrasi sadap komputer.

Tak hanya menyusup ke dalam system server Microsoft, aksi spionase badan intelijen Amerika Serikat NSA juga memanfaatkan gelombang radio untuk mengakses data pengguna computer yang sedang tidak terkoneksi internet.

Ini berarti NSA juga memiliki kemampuan menggali data privasi pengguna meskipun computer yang digunakan dalam kondisi offline atau tidak terkonseksi internet. Hal itu sebagaimana laporan New York Times beberapa tahun lalu.Aksi pengambilan data privasi dilakukan NSA melalui kode ‘saluran gelombang radio rahasia’ sejak tahun 2008 silam.

Pihak NSA sendiri disebutkan telah membenarkan kabar itu. Namun mereka berkilah bahwa program ‘saluran gelombang radio rahasia’ itu tidak diaplikasikanpada pengguna sipil. Mereka mengklaim teknologi penyadapan via gelombang radio digunakan hanya untuk menyasar ‘Chinese Army’ atau intelijen militer angkatan darat China.

NSA juga terungkap telah melakukan pemantauan pada sekitar 100 ribu komputer di seluruh dunia dengan teknologi ini. Namun kali itu mereka memang tidak terbukti menggunakannya pada PC milik warga masyarakat sipil.

Sebelumnya banyak perusahaan teknologi yang geram karena NSA secara diam-diam menguasai sebagian besar data privasi pengguna produk layanan mereka. Mantan intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden pernah mengungkapkan NSA secara diam-diam menguasai database pengguna sejumlah perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, Yahoo, dan Apple.

Edward Snowden menyebut intelijen Kanada menggunakan saluran internet seperti Wi-Fi di bandara untuk mengumpulkan data warga sipil sehingga bisa mengikuti pergerakan warga yang berlalu lalang di bandara.

Lewat dokumen itu, Snowden juga pernah memperlihatkan intelijen Kanada bisa melacak keberadaan warga selama sepekan atau bahkan lebih lewat perangkat komunikasi yang mereka gunakan pada sistem Wi-Fi di seantero kota di Kanada, termasuk di bandara Amerika, yang berarti mereka bisa melacak data ketika warga sedang berada di bandara, hotel, kafe, restoran, perpustakaan dan terminal transportasi serta lokasi lain terhubung ke Internet tanpa kabel. (RZ)

BACA JUGA:  Wujud Vivo Z5 Terungkap Berkat Bocoran Foto Iklan