Perkuat Engagement, BPJS Kesehatan Gelar BPJS Goes to Customer

Foto Bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati dan tim BPJS Kesehatan Cabang Bima bersama Komunitas Gowes As-Salam Kota Bima saat kegiatan BPJS Kesehatan goes to customer, Kamis (14/12/2023) lalu.
Foto Bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati dan tim BPJS Kesehatan Cabang Bima bersama Komunitas Gowes As-Salam Kota Bima saat kegiatan BPJS Kesehatan goes to customer, Kamis (14/12/2023) lalu.

Kota Bima, Berita11.com— Dalam rangka meningkatkan engagement seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan, BPJS Kesehatan menggelar kegiatan BPJS Kesehatan goes to customer dengan para komunitas. Kegiatan ini dilaksanakan bersama komunitas Gowes As-Salam yang berada di Kota Bima, Kamis (14/12/2023).

BPJS Goes to Costumer bertujuan untuk membangun kolaborasi dalam meningkatkan awareness seluruh pihak mengenai Program JKN.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati menyebut pertumbuhan komunitas saat ini memberikan dampak positif bagi kalangan masyarakat, terutama bagi kalangan milenial. Hal ini karena para anggota komunitas berasal dari semua golongan dan latar belakang yang berbeda, namun memiliki kesamaan rasa dan tujuan yang sama.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, BPJS Kesehatan melibatkan komunitas untuk dapat terlibat langsung dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan rekan-rekan komunitas tentang penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Dengan keberadaan para komunitas diharapkan dapat menjadi penghubung pemberian informasi kepada masyarakat lain, sehingga informasi seputar program JKN dapat diserap oleh seluruh masyarakat. Selain itu, keberadaan komunitas gowes dapat memberikan contoh kepada masyarakat lain untuk melakukan pola hidup sehat sebagai langkah preventif mencegah terjadinya risiko penyakit,” jelas Dhena.

BACA JUGA: Hindari Politik Pecah Belah, Mahasiswa di Bima Serukan agar Demokrasi Berjalan tanpa Intimidasi

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada para komunitas atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan ini. Selain memperoleh informasi seputar JKN, ajang ini menjadi wadah silaturahmi antar kalangan yang tergabung dalam komunitas dan menjadi wadah diskusi efektif untuk pemberian informasi sekaligus sharing pengalaman pola hidup sehat dari kalangan komunitas.

Selain memberi informasi seputar JKN, Dhena mengajak para komunitas agar menunduh aplikasi Mobile JKN. Ia menjelaskan bahwa dengan memiliki aplikasi Mobile JKN dapat memberikan kemudahan berbagai jenis akses layanan BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor.

“Layanan melalui aplikasi Mobile JKN sangat mudah diakses oleh seluruh kalangan. Dalam aplikasi tersebut telah tersedia beragam fitur layanan yang memudahkan masyarakat, di antaranya dapat melakukan pengecekan riwayat kesehatan,” ujarnya.

Fitur lain yang dapat diakses jelas Dhena, fitur Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital atau kartu digital, sehingga apabila peserta JKN lupa membawa kartu, bisa memperlihatkan kartu digital tersebut. “Masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta JKN, askesnya mudah, cepat dan tidak repot,” ujarnya.

Ketua Komunitas Gowes As-Salam Kota Bima, Tasmin menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya dan menyambut baik atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada para komunitas untuk ambil bagian dalam penyelenggaraan pelaksanaan Program JKN.

BACA JUGA: Diminati Masyarakat karena Tampung Pengaduan 24 Jam, Aplikasi ini Tampil pada PID

Menurutnya, sosialisasi seperti ini sangat penting dan perlu untuk terus dilakukan, apalagi banyak informasi kemudahan yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya adalah aplikasi Mobile JKN yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau informasi seputar program JKN.

“Hari ini saya dan seluruh anggota komunitas jadi lebih tahu bahwa JKN itu sangat penting dan betapa besar manfaatnya, terlebih program ini merupakan kebutuhan dasar yang harus kita miliki,” ujarnya.

Selain itu kata dia, kegiatan sosialisasi seperi ini memberikan dampak positif bagi seluruh pihak dan harus dilakukan secara berkelanjutan agar informasi-informasi terupdate bisa diteruskan ke masyarakat. “Kemudahan-kemudahan yang telah disediakan bisa lebih mudah diakses oleh masyarakat dan kalangan komunitas,” ujar Tasmin.

Menurutnya, kegiatan bersepeda dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini merupakan langkah preventif untuk menjaga kesehatan.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak agar tetap menjaga pola hidup sehat dan tak kalah penting harus memastikan sudah terdaftar sebagai peserta JKN sebagai perlindungan dari risiko pembiayaan” pungkasnya. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait