Dorong Sinergi Pemerintah dan Swasta, Pj Wali Kota Bima Dukung Perkembangan Ekonomi Inklusif

Suasana RUPS PT Jamkrida NTB Bersaing di Prime Park Hotel, Mataram, Kamis (8/4/2024).
Suasana RUPS PT Jamkrida NTB Bersaing di Prime Park Hotel, Mataram, Kamis (8/4/2024).

Mataram, Berita11.com— Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum mendukung perkembangan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, salah satunya melalui sinergi pemerintah dan swasta. Hal itu disampaikan Rum saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Jamkrida NTB Bersaing di Prime Park Hotel, Mataram, Kamis (8/4/2024).

Kehadiran Pj Wali Kota Bima, dalam RUPS PT Jamrida NTB Bersaing menegaskan komitmen Pemkot Bima terhadap pengembangan sektor ekonomi di wilayah. Rum juga menyatakan dukungan terhadap upaya-upaya perusahaan dalam mengembangkan potensi ekonomi di Nusa Tenggara Barat.

Bacaan Lainnya

Sebagai pemegang saham, Rum menjelaskan pemerintah daerah memiliki peran penting dalam PT Jamkrida NTB Bersaing. Beberapa konsekuensi logis yang dapat diperoleh oleh pemerintah daerah ketika terlibat aktif sebagai pemegang saham dalam perusahaan daerah.

Dikatakan Rum, pemerintah daerah memiliki hak suara dalam rapat pemegang saham. Hal itu memungkinkan untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan, termasuk keputusan terkait arah bisnis, pengelolaan keuangan, dan kebijakan lainnya yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

BACA JUGA: Bupati Bima Serahkan Bantuan Tanggap Darurat kepada Warga Terdampak Banjir di Palibelo

Dikatakannya, melalui investasi dalam PT Jamkrida NTB Bersaing, pemerintah daerah dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing. Dengan mendukung perusahaan yang bergerak di sektor keuangan, pemerintah daerah dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memperkuat infrastruktur ekonomi lokal.

Selain itu, PT Jamkrida NTB Bersaing memiliki peran dalam menyediakan layanan keuangan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh wilayah NTB. Pemerintah daerah, sebagai pemegang saham, dapat memastikan bahwa perusahaan ini menjalankan misi sosialnya dengan memberikan akses keuangan yang lebih mudah bagi UMKM, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal.

HM Rum juga mengapresiasi keberhasilan PT Jamkrida NTB Bersaing dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan UMKM. Ha itu akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat di wilayah NTB.

“Melalui deviden yang diterima dari investasi dalam perusahaan, pemerintah daerah dapat menggunakan pendapatan tersebut untuk membiayai program-program pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat,” jelas HM Rum.

Sementara itu, mewakili Pj Gubernur NTB, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB, H Wirayaja Kusuma dalam arahannya menjelaskan kehadiran pemerintah daerah sebagai pemegang saham dalam PT Jamkrida NTB Bersaing tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga memungkinkan untuk berperan aktif dalam memajukan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA: Meriahkan HUT Ke-55, Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan Layani Masyakat di Tapal Batas Negeri

Ia mengatakan, RUPS PT Jamkrida NTB Bersaing menjadi momen penting bagi para pemimpin daerah untuk bertukar informasi, ide, dan strategi dalam memajukan perekonomian di Provinsi NTB. Keberadaan mereka dalam rapat menandai komitmen bersama membangun sinergi antara sektor swasta dan pemerintah demi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Rapat berlangsung dengan suasana kerjas ama dan semangat untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang mampu memajukan perusahaan serta membawa dampak positif bagi pembangunan di NTB. Hal ini menunjukkan kesungguhan para pemimpin daerah dalam mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pemimpin daerah, antara lain Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB, Pj Wali Kota Bima yang didampingi Kabag Ekonomi Setda Kota Bima, Asisten II Setda Kota Mataram, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bima, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Lombok Tengah dan Asisten II Setda Kabupaten Lombok Barat.

Agenda utama RUPS dimulai dengan sambutan pembukaan dari Komisaris PT Jamkrida NTB Bersaing, diikuti dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh pengurus terkait laporan keuangan tahun 2023 dan rencana pembayaran dividen dari laba tahun 2023. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait