Termasuk Bahas Perubahan Iklim, Menlu Penny Wong akan Hadiri KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. REUTERS
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. REUTERS

Mataram, Berita11.com— Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia, Penny Wong akan berkunjung ke Jakarta pada pekan ini untuk untuk menghadiri pertemuan tahunan tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN-Australia, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional ASEAN.

Menlu Penny Wong mengatakan, Australia melihat ASEAN sebagai pusat kawasan yang stabil, damai, dan makmur.

Bacaan Lainnya

“Kami memiliki hubungan keluarga, pendidikan, pariwisata, dan bisnis yang mendalam dengan negara-negara di Asia Tenggara, dan masa depan kita terkait dengan masa depan kawasan yang kita tinggali bersama,” ujarnya melalui email yang diterima redaksi Berita11.com, Senin (11/7/2023) siang.

BACA JUGA: Wujud Rasa Syukur saat HUT Partai dan Ibu Mega, PDIP NTB Tanam 11.000 Pohon

Dijelaskannya, dalam pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN, dirinya akan membahas peluang untuk meningkatkan kerja sama di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia, termasuk dalam hal perubahan iklim, ketahanan kesehatan, dan pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

“ASEAN yang kuat sangat diperlukan untuk stabilitas kawasan kita. Australia akan terus bekerja dalam kemitraan dengan ASEAN untuk membentuk kawasan yang kita semua ingin capai,” ujarnya.

Pada Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN, Menlu Penny Wong akan menguraikan visi Australia untuk kawasan Australia-ASEAN dan bagaimana bekerja sama dengan ASEAN untuk mengatasi tantangan bersama.

“Kunjungan saya ke Jakarta, seminggu setelah kunjungan Presiden Widodo ke Australia, merupakan kesempatan untuk lebih memperkuat kemitraan kami dengan Indonesia dan menegaskan kembali dukungan kami terhadap prioritas Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023,” ujarnya.

BACA JUGA: Suhu Panas Walau Musim Hujan, Pemerhati Lingkungan Usulkan Pemda Wujudkan Gerakan Green Village

Menlu Penny Wong juga mengatakan Indonesia adalah pusat untuk kemakmuran dan keamanan Australia.

“Di Jakarta, saya akan meluncurkan pameran foto yang menandai 70 tahun beasiswa Australia di Indonesia, berpartisipasi dalam diskusi dengan kaum muda Indonesia tentang aspirasi bersama kami untuk kawasan ini dan mengunjungi pusat kesehatan setempat untuk menegaskan kemitraan Australia dan Indonesia di bidang reformasi kesehatan,” isyaratnya. [B-19/*]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait