Australia sudah Bantu Benahi Jalan di Indonesia 6.000 Km dan Sanitasi, Dubes Williams dan Menteri PUPR Resmikan KIAT

Jakarta, Berita11.com– Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, meresmikan pembukaan kantor baru Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di Jakarta, Senin (22/5/2023) lalu.

Kantor baru KIAT akan mendukung program kerja yang lebih luas untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Infrastruktur adalah prioritas bagi kedua negara kita. Kemitraan infrastruktur Australia dengan Indonesia telah berlangsung selama lebih dari dua dekade. Melalui KIAT, kami bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di sektor jalan, air, dan sanitasi,” ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams dalam siaran pers nya yang diterima redaksi Berita11.com melalui email, Selasa (23/5/2023) lalu.

BACA JUGA: Soal Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu, Mantan Ketua IMM: bikin Bingung Publik

Baik Australia maupun Indonesia menyadari pentingnya infrastruktur yang baik dalam meningkatkan mata pencaharian dan perekonomian di kedua negara.

“Infrastruktur yang baik berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan akses ke peluang ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan pasar serta akses ke layanan dasar, seperti sekolah dan rumah sakit,” ujar Duta Besar Williams.

Indonesia dan Australia telah berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur dari tingkat nasional ke kota, provinsi, dan kabupaten di mana infrastruktur tersebut dibangun dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Dalam sembilan tahun terakhir, dukungan dari Pemerintah Australia telah memperbaiki lebih dari 6.000 km jalan daerah di Indonesia. Sementara pada sektor sanitasi, Australia mendukung pembangunan instalasi pengolahan air limbah di Palembang yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap kualitas layanan sanitasi.

BACA JUGA: Direktur TI BPJS Kesehatan Ungkap Layanan Digital Program JKN ke Belahan Dunia

Melalui KIAT, Australia dan Indonesia berkolaborasi mendukung kesetaraan gender dan inklusi disabilitas untuk memastikan bahwa infrastruktur dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang. [B-19]

Pos terkait