Dorong Toleransi dan Isu Inklusi, Australia Dukung 60 Sekolah Damai di Indonesia

Steve Scott. Foto Ist.

Jakarta, Berita11.com— Pemerintah Australia mendukung inisiatif sekolah damai di Indonesia melalui 60 sekolah menengah atas (SMA), termasuk di antaranya di Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Steve Scott, melalui email yang diterima Redaksi Berita11.com, Senin (24/10/2022) lalu.

Steve Scott mengungkapkan, pihaknya menghadiri peresmian Sekolah Damai di Solo Jawa Tengah  yang merupakan kemitraan antara Wahid Foundation bersama Pemerintah Australia dan Indonesia, yang bekerja untuk mendukung mengembangkan kapasitas guru dan keikutsertaan pemuda dalam isu-isu perdamaian, toleransi, inklusi dan pencegahan kekerasan ekstremisme.

“Australia memandang penting kemitraan bilateral jangka panjang dengan Indonesia, dan upaya yang telah kita lakukan bersama untuk mencegah kekerasan ekstremisme dan menyebarkan pesan toleransi serta perdamaian,” kata Steve Scott.

BACA JUGA:  Hebat, Dua Mahasiswa IAIM Bima Juara MTQ Internasional antar Mahasiswa

Dijelaskannya, integrasi Sekolah Damai sebagai program Provinsi Jawa Tengah telah terbukti sangat berhasil.  “Saya berharap program ini akan melanjutkan ekspansi ini,”  ujarnya.

Selama peluncuran, guru dan siswa dari beragam agama berbagi cerita tentang kolaborasi mereka untuk menumbuhkan rasa saling menghormati dan pengertian. Peresmian juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Yenny Wahid dari Wahid Foundation. [B-22]