HBK Tuntaskan Bantuan Bedah Rumah untuk 50 Kepala Keluarga di Kabupaten Lombok Barat

H Bambang Kristiono saat Menemui Konstituen di Dapil Pulau Lombok.

Mataram, Berita11.com— Anggota DPR RI dari Dapil NTB-2/Pulau Lombok, H Bambang Kristiono SE (HBK) memanfaatkan masa reses di masa sidang ke-3 tahun 2021/2022 untuk membantu masyarakat di Pulau Seribu Masjid.

HBK mendatangi masyarakat di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, untuk menyerahkan bantuan sosial perumahan swadaya bagi warga yang tidak mampu, Kamis (3/3/2022). Pada hari yang sama, HBK juga menyalurkan bantuan paket sembako di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

“Bantuan perbaikan rumah melalui program Bantuan Sosial Perumahan Swadaya (BSPS) ini adalah bagian dari tanggung jawab saya untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung di Pulau Lombok,” kata HBK.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini mengatakan, di Kecamatan Batulayar, dirinya memperjuangkan bantuan BSPS atau yang biasa disebut program bedah rumah dengan menyasar 50 rumah warga. Program ini secara khusus diperjuangkan HBK ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Warga yang mendapat program bantuan bedah rumah ini bermukim di lima Desa yang ada di Kecamatan Batulayar, masing-masing  Desa Batulayar, Desa Senggigi, Desa Batulayar Barat, Desa Sandik, dan Desa Bengkaung.

HBK menjelaskan, program BSPS ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

BACA JUGA:  Liga 3 PSSI Rayon NTB, Lombok FC Tumbangkan PSLT 2-0

Program ini termasuk program padat karya tunai yang melibatkan banyak tenaga kerja. Mulai dari tenaga fasilitator lapangan, koordinator fasilitator, dan tenaga tukang yang diambil dari penduduk setempat.

“Jadi, selain membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan perbaikan rumah, juga bisa membantu tetangga dan masyarakat sekitar mendapatkan penghasilan tambahan sebagai tukang,” kata HBK.

Politisi Partai Gerindra ini pada kesempatan yang sama, juga mengajak masyarakat yang hadir dalam kegiatan reses tersebut untuk berdiskusi terkait kondisi perekonomian yang cukup sepi menyusul pandemi Covid-19 yang masih terus terjadi. Kepada HBK, masyarakat pun menyampaikan uneg-uneg mereka.

Sekretaris Yayasan HBK Peduli, Rannya Agustyra Kristiono saat Menyalurkan Bantuan.

Penyaluran Bantuan Sembako

Saat di Desa Aikberik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, tim dari Yayasan HBK Peduli, menyalurkan bantuan langsung tunai dan paket-paket sembako kepada anak yatim, fakir miskin dan orang-orang dhuafa.

“Pada saat-saat yang sulit sepeti sekarang ini, di mana pandemi Covid-19 belum tahu kapan akan berakhir, kita semua harus terus bergandengan tangan. Saling menguatkan agar kita mampu keluar dari serangan pandemi Covid-19 secepatnya,” kata Rannya Agustyra Kristiono, Sekretaris Yayasan HBK Peduli di sela penyerahan bantuan sembako tersebut.

Bantuan sembako diserahkan langsung Sekretaris Yayasan HBK Peduli, Rannya Agustyra Kristiono yang didampingi Ketua PKK Kabupaten Lombok Tengah, Baiq Nurul Aini Pathul Bahri. Hadir pula, para istri anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra Kab. Lombok Tengah.

BACA JUGA:  Genap Berusia 14 Tahun, Partai Gerindra Selalu Hadir Atasi Setiap Masalah Warga

Dalam kesempatan tersebut, Rannya mengucapkan banyak terima kasih dan sangat bersyukur karena diberi kesempatan untuk bertatap muka dan bersilaturahmi dengan masyarakat di Batukliang Utara. Termasuk juga para anak yatim piatunya.

“Bagi saya, sedekah merupakan amalan yang paling berharga karena dengan banyak memberi kita akan mendapat banyak manfaat, di mana bagi kaum muslim yang selalu bersedekah terutama kepada anak yatim, maka Allah menjanjikan rezeki dan berkah yang tak akan  pernah kita kekurangan. Selain itu, sedekah juga akan menjauhkan kita dari banyak masalah dan mendekatkan kita kepada kebahagiaan dalam kehidupan,” kata Rannya.

Kepada anak-anak yatim yang hadir, Rannya pun menitipkan pesan agar mereka tetap semangat. Sebab, apapun yang dialami di dalam hidup, harus selalu bersyukur dan senantiasa berusaha untuk selalu menjadi yang terbaik bagi nusa dan bangsa.

“Kiranya santunan yang diberikan hari ini, dapat bermanfaat dan berkah bagi kita semua, serta bahagia dunia wal akhirat,” imbuh Rannya. [B-19]