Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Kota Mataram Sehari sebelum Pemungutan

Ilustrasi Logistik Pemilu 2024.
Ilustrasi Logistik Pemilu 2024.

Mataram, Berita11.com— Penyaluran logistic pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaksanakan sehari sebelum pemungutan suara atau pada Selasa, 13 Februari 2024 mendatang.

Hal itu diisyaratkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Muslih Syuaib. Salah satu pertimbangan utama logistik pemilu dilaksanakan sehari sebelum pemilu karena semua wilayah di Kota mataram mudah dijangkau.

Bacaan Lainnya

“Semua wilayah di Kota Mataram mudah dijangkau, sehingga distribusi logistik tidak memerlukan waktu yang lama,” kata Muslih melalui pernyataan tertulis, Minggu (11/2/2024).

BACA JUGA: Yakin akan Wujudkan Multiplier Effect Pariwisata, Politisi PKB Lalu Hadrian Dorong Integrasi dengan Pertanian

Mantan redaktur Lombok Post ini menjelaskan, tidak ada satupun wilayah di Kota Mataram yang sulit terjangkau, sehingga distribusi logistic tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu, menurut Muslih, berkaitan jaminan keamanan kotak suara dan logistik lain.

“Logistik ini harus dijaga 24 jam, jadi relatif lebih aman kalau kita distribusikan H-1 sebelum pencoblosan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, KPU Kota Mataram telah membentuk enam tim yang nantinya akan menyalurkan 6.240 kotak suara dan logistik pemilu lainnya. Masing-masing tim akan mendistribusikan kotak suara di semua kelurahan enam kecamatan. KPU telah menyiapkan 17 truk dan 102 petugas bongkar muat untuk mengangkut semua logistik tersebut.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan PPK, PPS dan KPPS, agar langsung meyalurkan kotak suara dan logistik lainnya, sehingga tidak menumpuk di kantor kelurahan,” kata dia.

BACA JUGA: Mi6: Gerakan Menghendaki Zul-Rohmi Pisah Jalan di Pilgub NTB kian Membesar

Untuk mengantisipasi hujan, pihaknya sudah menyiapkan terpal dan pembungkus kotak suara. Selain itu, agar kotak suara bisa langsung sampai di kantor kelurahan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres setempat untuk pengawalan dan pengaturan lalu lintas.

“Intinya kami sudah mengantisipasi semua kemungkinan yang mengganggu distribusi logistic ini,” tegasnya.

Muslih juga mengajak masyarakat beramai-ramai datang ke TPS menyalurkan hak suaranya pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Pemilih yang terdaftar dalam DPT diminta membawa KTP dan surat keterangan C pemberitahuan ke TPS.

Sementara bagi pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) diharapkan membawa KTP dan surat keterangan model A surat pindah memilih. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait