Rusun Ponpes Utsman bin Affan Diresmikan BNPT

Foto Bersama Pejabat Deputi BNPT dengan Pimpinan Ponpes Usman bin Affan saat Peresmian Rusun Ponpes.

Dompu, Berita11.com—Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Pemerintah Kabupaten Dompu meresmikan pembangunan Rumah Susun (Rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Ustman bin Affan, Desa O’o, Kabupaten Dompu, Senin (07/03/2022) sore.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI, Mayjen TNI Nisan Setiadi SE, menyatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang dilakukan tim sinergisitas sesuai semangat pentahelix dalam memperkuat upaya pencegahan paham radikalisme yang banyak menyasar generasi muda. Selain itu, menciptakan generasi cinta tanah air yang juga mendukung moderasi beragama di tengah keberagaman bangsa Indonesia.

Pembanbgunan rumah susun ini merupakan wujud sinergi dalam penanggulangan radikalisme-terorisme yang melibatkan multipihak sesuai dengan pentahelix pencegahan radikalisme-terorisme yaitu pemerintah, akademisi, komunitas, media dan pelaku usaha.  “Semoga rusun ini dapat bermanfaat dan dapat dijaga dengan baik,” harapnya.

Katanya, pelaksanaan kolaborasi kegiatan itu sejalan dengan mandat yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 tahun 2019 yang memaksimalisasi pencegahan tindak pidana terorisme, kementerian dan lembaga dapat meningkatkan sarana dan prasarana, yang kemudian diperkuat dengan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Tim Koordinasi Antarkementerian/Lembaga Pelaksanaan Program Penanggulangan Terorisme.

BACA JUGA:  Festival Balap Sampan Jerowaru akan masuk Kelender Event Pariwisata

Dijelaskanya, kegiatan peresmian Rusun Ponpes Utsman Bin Affan tersebut merupakan upaya memaksimalisasi kontra radikalisasi dan juga deradikalisasi dengan membangun kesejahteraan dalam mendidik anak bangsa yang beriman dan bertaqwa serta memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi.

“Di tahun 2022 ini, BNPT dan Kemen PUPR meresmikan rumah susun untuk santriwan. Rumah susun Pondok Pesantren Ustman bin Affan, Desa O’o ini memiliki luas 537,31 M2 terdiri dari 2 (dua) lantai dengan kapasitas 84 orang yang merupakan rencana aksi Kementerian PUPR Tahun 2021,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes Utsman bin Affan, Desa O’o, Kabupaten Dompu, H Syamsuddin M.Pd menyampaikan apresiasi, rasa kegembiraan dan kebanggaannya atas pembangunan Rusun tersebut oleh BNPT RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya, dia tidak pernah membayangkan jika Ponpes Utsman bin Affan tersebut memiliki gedung semegah itu. Karena pada awal merintis Ponpes, hanya bermodalkan doa dan donatur seadanya.

“Ini membuktikan bahwa negara sudah hadir dalam memberikan pendidikan anak di Pompes Utsman Bin Affan. Negara begitu peduli, terima kasih. Semoga bangunan megah ini selalu terpatri dalam hati dan pikiran kita semua, serta memacu semangat santriwan untuk belajar memajukan bangsa dan daerah,” ujarnya.

BACA JUGA:  Lima Rekomendasi untuk Menguatkan Agensi Perempuan dalam Lingkaran Eksteremisme Kekerasan

Peresmian Rusun Ponpes tersebut dilakukan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI, Mayjen TNI Nisan Setiadi SE didampingi Direktur Rumah Susun Kementrian PUPR, Aswin Grandiarto Sukahar ST M.BEnv.  

Hadir  juga Direktur Perlindungan, Brigjen Pol Imam Margono,  Direktur Deradikalisasi, Prof Dr Irfan Idris MA, Kasubdit Aspasaf/Kasubsatgas Sinergisitas Wilayah NTB, Letkol (Sus) Hariyanto,  Kasubdit Wilayah II Direktorat Rumah Susun, Noviza Temenggung ST MT, anggota Komisi IV DPR RI, H Muhammad Syafrudin ST MM, Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar A.Md. Par,  Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K, Dandim 1614/ Dompu, Letkol Kav Taufiq  S.Sos,  Kepala Kejaksaan Negeri, M Abeto Harahap SH MH. Selain itu, pimpinan Ponpes Al Ikhlas, Ust Syamsuddin, pimpinan Ponpes Al Madinah, Ustadz Bunyamin, pimpinan Ponpes Al Anwari, Ust Syarifuddin.

Editor: Redaksi