Puting Beliung Hempaskan Atap Rumah Warga di Kabupaten Bima, Ruas Jalan Tertutup

Kondisi atap rumah warga Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima terhempas setelah diterjang puting beliung, Rabu (1/3/2023) sore. Kolase Berita11.com.
Kondisi atap rumah warga Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima terhempas setelah diterjang puting beliung, Rabu (1/3/2023) sore. Kolase Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Puting beliung menerjang atap rumah milik Nurbaya (59 tahun) di RT 06/04 Dusun Goa, Desa Rada, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Rabu (1/3/2023) sore.

Akibatnya atap rumah warga tersebut terhempas dan menutup ruas gang sekitar rumah korban. Puting beliung di wilayah Kabupaten Bima juga menyebakan tumbangnya sejumlah pohon hingga menutup ruas jalan di Dusun Bajo Selatan, menutup ruas jalan sekitar Dusun Ndano Ndere Desa Bajo dan ruas jalan di Dusun Sarita Desa Punti, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima.

Bacaan Lainnya

Hingga pukul 23.00 Wita, Rabu (1/3/2023) malam, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Babinkamtibmas Desa Bajo berupaya memotong dan memindahkan pohon besar yang tumbang di tengah ruas jalan.

BACA JUGA: Sitti Rohmi: Penanganan Covid-19 di NTB Kian Membaik

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Nurul Huda menjelaskan, puting beliung yang menghantam atap rumah milik Nurbaya, warga Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima terjadi sekira pukul 15.30 Wita, saat angin kencang disertai hujan melanda wilayah setempat.

Ketika itu, jelas dia, korban bersama sejumlah anggota kerabatnya sedang asyik membakar ikan. Namun tiba-tiba angin kencang disertai gerimis langsung menerjang atap rumah korban hingga terhempas dan menutupi ruas gang di sampingnya.

Pohon tumbang di Jalan Lintas Donggo sebelum Dusun Ndano Ndere Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima setelah Wilayah Bima dan Dompu dilanda angina kencang, Rabu (1/3/2023) sore.

Korban pun spontan berteriak meminta tolong dan mengucap pekikan Allahu Akbar. Beberapa saat setelah itu, warga sekitar berdatangan membantu mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman.

Tak lama setelah itu warga bergotong memperbaiki atap rumah korban. Sejumlah warga juga membawa bantuan beras dan gula untuk korban. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian terjangan puting beliung di desa setempat.

Pada bagian lain, terjangan angin kencang juga menyebakan pohon tumbang di ruas Jalan Pantura di Dusun Bajo Selatan Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima hingga menimbulkan kemacetan lalu lintas lebih dari 30 menit.

BACA JUGA: Nestapa Maryati, Warga Bajo Soromandi yang Rumah dan Ternaknya Diseret Banjir

Pohon tumbang kemudian dipotong dan dibuang oleh warga bersama kepala desa setempat.

Angin kencang juga menyebabkan tumbangnya pohon besar hingga menutup ruas Jalan Lintas Donggo antara Dusun Bajo Utara dengan Dusun Ndano Ndere Desa Bajo, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima.

Tim BPBD Kabupaten Bima bersama warga dan Babinkamtibmas berupaya memotong dan mebersihkan pohon besar yang menutup ruas jalan di Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Rabu (1/3/2023) malam.

Sejumlah warga bersama tim BPBD Kabupaten Bima, kepala Desa Bajo dan Babinkamtibmas berupaya memotong dan memindahkan pohon besar yang menutup ruas jalan hingga Rabu (1/3/2023) malam.

“Sedang dilakukan pembersihan oleh tim BPBD bersama masyarakat dan Babinkamtibmas,” ujar Nurul Huda saat dihubungi Rabu (1/3/2023) malam.

Angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di Jalan Lintas Pantura di Dusun Sarita Desa Punti Kecamatan Soromandi. Pohon tumbang kemudian dibersihkan oleh warga bersama tim BPBD dan Babinkamtibmas. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait