BPJS Kesehatan Bekali Mahasiswa Lewat Kegiatan Goes to Costumer di Kampus Poltekes Bima

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati, menyampaikan materi sosialisasi kepada mahasiswa di kampus Poltekes Bima tentang informasi seputar JKN, Kamis (14/12/2023) lalu.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati, menyampaikan materi sosialisasi kepada mahasiswa di kampus Poltekes Bima tentang informasi seputar JKN, Kamis (14/12/2023) lalu.

Bima, Berita11.com— BPJS Kesehatan tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas bagi seluruh penduduk Indonesia. Salah satu aspek penting yang menjadi penentu keberhasilan implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah pemahaman atau kesadaran seluruh lapisan masyarakat terhadap program JKN.

Untuk menjangkau hal tersebut, BPJS kesehatan melakukan pembekalaan mengenai JKN dengan menggelar kegiatan BPJS Goes to Customer (GTC) ke salah satu kampus di Kota Bima, Kamis (14/12/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan BPJS Goes to Costumer di kampus Poltekes Bima dilakukan untuk membekali para para mahasiswa dan meningkatkan pengetahuan tentang informasi-informasi terbaru program JKN dan awareness bagi mahasiswa, sehingga tidak ketinggalan informasi khususnya inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati, menyampaikan materi sosialisasi kepada mahasiswa di kampus Poltekes Bima tentang informasi seputar JKN. Dalam sambutannya, Dena menyampaikan, kegiatan ini selain merupakan upaya pemberian informasi program JKN, juga sebagai wadah bagi BPJS Kesehatan mendapatkan informasi kondisi yang dirasakan peserta di lapangan.

BACA JUGA: Setiap Safari Ramadan, Bupati Bima Imbau Masyarakat jaga Hutan

“Masyarakat belum sepenuhnya update terhadap informasi-informasi terkait program JKN, maka melalui kegiatan ini menjadi ajang penting untuk diketahui agar adik- adik mahasiswa tidak bingung lagi mengenai program JKN, Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan JKN,” ujar Dena.

Dena mengatakan, BPJS Kesehatan memberikan kesempatan untuk mahasiswa menyampaikan masukan ataupun sekadar berbagi pengalaman menggunakan layanan kesehatan program JKN untuk memperbaiki kualitas layanan bagi peserta JKN.

Dhena menjelaskan sejumlah inovasi BPJS Kesehatan, antara lain kanal layanan administrasi, informasi dan pengaduan program JKN serta kemudahan akses layanan dalam program JKN. Setelah mengikuti sosialisasi ini, pemahaman mahasiswa tentang program JKN semakin baik dan meneruskan informasi kepada sesama mahasiswa dan keluarga, sehingga mengoptimalisasi penggunaan kanal layanan yang telah dikembangkan oleh BPJS kesehatan, baik kanal layanan administrasi mapun kanal layanan pemberian informasi dan pengaduan. termasuk pemanfaatan layanan online BPJS Kesehatan seperti aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) serta kanal lainnya.

Salah satu Koordinator Kemahasiswaan Poltekes Kemenkes Mataram, Ani Haryati yang hadir pada kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi kegiatan GTC yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, di mana mahasiswa sangat aktif dalam diskusi atau tanya jawab seputar informasi terkini dari program JKN.

BACA JUGA: Provinsi NTB Kuatkan Fondasi Perekonomian Melalui Industrialisasi

“Kami sengat senang dengan diadakan sosialisasi seperti ini. Informasi yang diperoleh sangat bermanfaat. Apalagi dapat menambah wawasan, pengetahuan dan informasi terkini soal JKN yang dapat diteruskan kembali kepada rekan mahasiswa, keluarga tetangga bahkan kepada masyarakat umum,” ujar Ani Haryati.

Selain itu kata dia, juga sudah dapat mengimplementasikan penggunaan layanan online yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, di antaranya aplikasi Mobile JKN yang memberikan banyak kemudahan seperti pengambilan antrean online, konsultasi dokter, melakukan ubah Fasilitas Kesehatan, perubahan data, kartu digital serta sejumlah fitur bermanfaat lainnya.

Ani juga merespon positif leaflet dan panduan mengenai fitur online BPJS Kesehatan dan penjelasan mengenai program JKN yang dibagikan dalam kegiatan sosialisasi oleh BPJS Kesehatan Cabang Bima, sehingga segala informasi mengenai program JKN dapat dipahami dengan mudah.

Ani juga berharap agar dapat dilakukan demonstrasi penggunaan fitur layanan CHIKA untuk pengecekan status kepesertaan dan status tagihan iuran atau pembayaran, kemudian top 10 informasi dan pengaduan peserta.

“Semoga Program JKN ini dapat terus memberikan kemudahan kepada peserta dengan menghadirkan inovasi- inovasi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait