Dukung Penyaluran Zakat Konsumtif, Pj Wali Kota Bima Ingatkan Transparansi dan Akuntabiltias

Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum menyampaikan sambutan saat penyaluran zakat konsumtif oleh Baznas Kota Bima di kompleks Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat (5/4/2024).
Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum menyampaikan sambutan saat penyaluran zakat konsumtif oleh Baznas Kota Bima di kompleks Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat (5/4/2024).

Kota Bima, Berita11.com— Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum mendukung penyaluran zakat konsumtif oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima di kompleks Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat (5/4/2024).

HM Rum mengingatkan Baznas pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyaluran zakat untuk memastikan bantuan benar-benar sampai kepada yang membutuhkan dan digunakan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan penerima zakat.

Bacaan Lainnya

Distribusi zakat konsumtif oleh Baznas di Kecamatan Raba Kota Bima sasarannya antara lain fakir miskin, guru mengaji dan janda.

BACA JUGA: Penjabat Wali Kota Bima Dengarkan Keluhan Masyarakat Melayu

Ketua BAZNAS Kota Bima, H Nurdin Mansyur menjelaskan, tujuan utama distribusi zakat konsumtif untuk memberikan dukungan kepada sesama muslim yang membutuhkan serta membantu meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata pengelolaan zakat infaq dan sedekah yang diterima oleh BAZNAS Kota Bima tahun 2024,” ujar H Nurdin.

Nurdin mengisyaratkan, selain di Kecamatan Raba, penyaluran zakat konsumtif juga akan digelar empat kecamatan lain di Kota Bima.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bima, H Mohamad Rum mendukung inisiatif BAZNAS melaksanakan distribusi zakat untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. “Acara ini menjadi momentum penting dalam mempererat solidaritas dan kepedulian antarsesama muslim di Kota Bima,” ujar Rum.

Rum menegaskan kehadirannya pada kegiatan penyaluran zakat mencerminkan apresiasi dan dukungan Pemerintah Kota Bima terhadap upaya perbaikan kualitas hidup masyarakat sekaligus menghidupkan kembali semangat gotong royong dan tenggang rasa sesama muslim.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bima Hadiri Rapat Paripurna Pembahasan APBD 2024

Dikatakannya, program tersebut penting dalam membantu meringankan beban ekonomi bagi masyarakat yang membutuhkan serta sebagai wujud nyata dari nilai-nilai solidaritas dan kepedulian sosial dalam masyarakat muslim.

Selain itu, Rum juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyaluran zakat untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar sampai kepada yang membutuhkan dan digunakan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan penerima zakat.

Distribusi yang berlangsung di Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga diawali salat Ashar berjamaah dan dilanjutkan penyerahan secara simbolis paket bantuan zakat kepada penerima zakat se-Kecamatan Raba. Kegiatan juga dihadiri tokoh masyarakat, kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemkot Bima dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Bima. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait