Stabilisasi Harga Beras, TPID Kota Bima Gelar Operasi Pasar

Warga mengantri untuk mendapatkan beras murah saat operasi pasar yang digelar TPID dan Perum Bulog di Lapangan Serasuba, Kota Bima, Rabu (22/2/2023). Foto MR/ Berita11.com.
Warga mengantri untuk mendapatkan beras murah saat operasi pasar yang digelar TPID dan Perum Bulog di Lapangan Serasuba, Kota Bima, Rabu (22/2/2023). Foto MR/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Bima bersama Perusahaan Umum Badan Urusa Logistik (Perum Bulog) menggelar operasi pasar di Lapangan Serasuba Kota Bima, Rabu (22/2/2023).

Operasi pasar oleh TPID bersama Perum Bulog untuk menstabilisasi harga beras nasional yang juga naik di wilayah Kota Bima.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah, Sekretariat Daerah Kota Bima, Hj Rohana mengatakan, dalam operasi pasar tim dan Perum Bulog menyediakan lima ton beras.

Operasi pasar digelar TPID bersama Perum Bulog setiap pekan pada lima kecamatan di Kota Bima.

Hj Rohana. Foto MR/ Berita11.com.

“Kegiatan ini dalam rangka menstabilkan harga beras. Memang harga beras secara nasional mengalami kenaikan, makanya kami selaku TPID Kota Bima menekan naiknya inflasi daerah dengan melakukan operasi pasar secara rutin setiap minggu,” ujarnya di Pasar Ama Hami.

BACA JUGA: Wali Kota Bima Ikut Rakor Inspektur Daerah se-Indonesia, ini Pesan Mendagri

Rohana menjelaskan, operasi pasar dimulai oleh TIPD bersama Perum Bulog Bima sejak Oktober 2022 lalu. Operasi pasar lebih massif mengingat harga beras medium di pasaran saat ini mencapai Rp12 ribu dan harga premium Rp13 ribu/ kilogram.

“Kita berharap karena saat ini bukan musim panen. Kami memberi kesempatan bagi masyarakat agar mampu membeli beras setiap seminggu sekali melalui operasi pasar ini,” ujar Rohana.

Selain menyediakan beras medium 5 kilogram Rp45 ribu, TPID Kota Bima dan Perum Bulog juga menyediakan bahan pokok lain dengan harga terjangkau, yaitu minyak goreng merk Minyak Kita Rp14 ribu/ liter, tepung terigu Rp14 ribu/ kg, gula pasir Rp13 ribu/ kg.

BACA JUGA: 2.764 PPPK Pemkab Bima Terima SK Pengangkatan, Bupati Ingatkan agar Low Profile

Untuk diketahui, harga beras premium di pasar di wilayah Kota Bima Rp13 ribu/ kg, sedangkan di tingkat pengecer atau di kios dijual hingga Rp14 ribu/ kg, gula pasir Rp16 ribu/ kg, minyak goreng Rp20 ribu/ lite dan terigu Rp15 ribu/ kg.

Selain Kabag Perekonomian dan Usaha Daerah Setda Kota Bima, operasi pasar oleh TPID bersama Perum Bulog juga dihadiri anggota TPID lainnya, Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima, H Muhammad Fahrurazi, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, H Sodik, Kepala Inspektorat Kota Bima, H Azhari, Asisten Manager Perum Bulog Bima, Aprianto Nugroho, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, H Sarafuddin, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima, M Farid, Camat Rasanae Barat, Hj Suharni serta Asisten I Setda Kota Bima H Ahmad. [B-12]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait