Tujuh UMKM Binaan PT STM ikut Meriahkan Nusantara Carnaval WSBK Mandalika 2023

Sejumlah produk UMKM binaan PT STM yang ditampilkan dalam Nusantara Carnaval – WSBK 2023 yang berlangsung pada tanggal 3 – 5 Maret 2023.
Sejumlah produk UMKM binaan PT STM yang ditampilkan dalam Nusantara Carnaval – WSBK 2023 yang berlangsung pada tanggal 3 – 5 Maret 2023.

Dompu, Berita11.com— Tujuh unit usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) ikut memeriahkan Nusantara Carnaval World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 yang berlangsung 3-5 Maret.

Principal Communication PT Sumbawa Timur Mining Cindy Elza mengatakan, melalui kegiatan itu pihaknya ingin menunjukkan komitmennya memajukan perekomian lokal bagi UMKM dengan memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas produk serta layanan UMKM.

Bacaan Lainnya

“Kami yakin bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, seringkali UMKM menghadapi berbagai kendala dalam memasarkan produk mereka karena keterbatasan modal, infrastruktur, dan akses pasar. Untuk mengatasi kendala ini, perusahaan kami telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai wujud dukungan kami bagi UMKM,” ujar Cindy melalui pernyataan tertulis, Jumat (3/3/2023).

BACA JUGA: BPD HIPKA Kota Bima Dilantik, Diharapkan jadi Inkubator Bisnis

Dia menyebut, tujuh pelaku UMKM binaan PT STM yang diikut-sertakan dalam ajang itu, Jala Permai, Hadijah, Anisa, Samada Angi, Kancira Daha, Sabua Ade, dan Aisyah.

Para pelaku UMKM tersebut, menurut Cindy, sebagian besar memproduksi beragam macam produk makanan ringan seperti: brownies, kripik menepela, stik kelor, kripik pisang, kacang asin, dan beragam abon berbahan dasar ikan. Ada pula pelaku UMKM yang memproduksi kain tenun.

Sejumlah produk UMKM binaan PT STM yang ditampilkan dalam Nusantara Carnaval – WSBK 2023 yang berlangsung pada tanggal 3 – 5 Maret 2023.

“Kami juga berharap bahwa keikutsertaan kami dalam kegiatan ini akan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya dukungan bagi UMKM; dan memberi inspirasi bagi pihak-pihak lainnya untuk memberikan dukungan bagi UMKM, sehingga UMKM dapat berkembang secara signifikan dan menjadi pilar utama dalam perekonomian Indonesia,” kata Cindy.

Salah satu pelaku UMKM binaan PT STM, Anisa, mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan Nusantara Carnival WSBK 2023 ini. “Kegiatan ini adalah kegiatan internasional, kami sangat optimistis untuk memasarkan produk asli dari Kecamatan Hu’u pada wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” katanya.

BACA JUGA: Komoditi Jagung dan Padi Sumbang Peredaran Uang di Dompu Rp2, 7 Triliun

Dia menjelaskan bahwa dari awal proses pembinaan, para pelaku UMKM telah dibimbing dan dibina oleh PT STM, mulai dari bagaimana mengelola produk mentah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi, mengatur modal dan keuangan usaha, hingga bagaimana membuat kemasan produk yang menarik.

Selama ini, menurut Anisa, pemasaran dari produk UMKM binaan PT STM dipasarkan di sekitar Kecamatan Hu’u hingga Kabupaten Dompu.

“Biasanya konsumen yang sering melakukan pemesanan produk UMKM adalah dinas-dinas yang ada di kecamatan hingga kabupaten untuk dijadikan oleh-oleh khas bagi wisatawan ataupun tamu yang berkunjung. Dapat dikatakan bahwa produk UMKM binaan PT STM telah menjadi ikon dari Kecamatan Hu’u,” jelasnya. [B-19]

Pos terkait