Peserta Miss Universe Indonesia Lapor ke Polda, Difoto Tanpa Busana di Hotel Mewah

Ilustrasi foto bugil.
Ilustrasi foto bugil.

Jakarta, Berita11.com— Seorang peserta kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 melaporkan dugaan pelecehan seksual yang dialaminya kepada aparat kepolisian. Korban mengaku difoto tanpa busana saat menjalani pemeriksaan tubuh (body checking) di sebuah hotel mewah.

Mengutip Tempo.co, kuasa hukum korban dugaan pelecehan seksual pada kontes Miss Universe Indonesia, Mellisa Anggraini, mengatakan kliennya difoto tanpa busana saat melakukan pengecekan tubuh (body checking).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, kegiatan tersebut di luar agenda resmi. Ia turut menduga ada keterlibatan penyelenggara kegiatan (event organizer/ EO).

BACA JUGA: Tega Rudapaksa Keponakan sendiri, Pria ini Diringkus Polisi

“Sudah terjadi sebuah peristiwa di mana tiba-tiba dilakukan body checking terhadap para kontestan di luar agenda resmi,” katanya di Polda Metro Jaya, Senin, 7 Agustus 2023, seperti dikutip dari Tempo.

Para kontestan, kata Mellisa, merasa dilecehkan atas sesi foto bugil itu. Mereka juga merasa tidak nyaman dan sakit hati karena tidak dihargai sebagai perempuan. “Para korban ini ingin mendapatkan keadilan dari si pelaku,” kata Melissa.

Mellisa dan kliennya melaporkan kejadian ini ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Mellisa melaporkan penyelenggara kegiatan tersebut dengan pasal 4, 5, 6, 14, 15 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

BACA JUGA: Hasil Riset, 704 Jurnalis Perempuan Pernah Alami Kekerasan Seksual

“Alhamdulillah sudah diterima laporan kami di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) tadi terkait dengan adanya dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual,” kata Mellisa.

Soal pemotretan tanpa busana ini pertama diungkap oleh Province Director Sally Giovanny. Pengusaha Batik Trusmi itu bekerja sama dengan Rizky Ananda yang mengurusi Miss Universe Indonesia Jawa Barat mengunggah pengakuan seorang peserta kala harus menanggalkan busananya untuk difoto saat body checking.

Sumber: Tempo.co

Pos terkait