BEM REMA STKIP TSB Gelar Lomba Marathon antar-Pelajar se-Pulau Sumbawa

Foto Bersama saat Pembukaan Lomba Lari Marathon se-Pulau Sumbawa di Auditorium Sudirman STKIP TSB, Kamis (24/6/2021).

Bima, Berita11.com— Memeringati hari anti narkoba Internasional (HANI) 2021, Badan Eksekutif Mahasiswa-Republik Mahasiswa (BEM Rema) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Kependidikan Taman Siswa Bima (STKIP TSB) menggelar lomba lari Marathon antarpelajar se-Pulau Sumbawa. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Sudirman STKIP TSB, Kamis (24/6/2021).

Ketua Panitia, Adi Hidayat berharap, kegiatan yang digelar memberi dampak positif kepada peserta. “Lomba lari Maraton antar pelajar se-Pulau Sumbawa dengan tema membentuk generasi sehat untuk Indonesia maju,  target peserta untuk putra 150 peserta, kemudian untuk putri 150 peserta,” ujar Adi.

Dikatakannya, hingga saat ini, peserta gabungan putra dan putri yang sudah mendaftar 112 peserta. “Kemudian waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan untuk pembukaan tanggal 24 Juni 2021, sedangkan untuk tesnya tanggal 26 Juni 2002 tepatnya hari Sabtu,” katanya.

Menurut Adi, peserta yang memperoleh juara merupakan yang terbaik, karena pelaksanaan bertepatan momentum hari anti narkoba internasional. “Kami dari STKIP Taman Siswa Bima mengadakan event lomba lari maraton ini, (harapannya) semoga nanti akan ada pihak-pihak lain seperti ini, bukan hanya musiman tapi diadakan tiap tahunnya sehingga bisa memompa semangat para atlet yang khususnya berada di wilayah Kabupaten Bima, Kota Bima, Dompu dan Sumbawa,” harapnya.

Ketua BEM Rema STKIP TSB, Amrin mengatakan, lomba lari Marathon tingkat pelajar se-Pulau Sumbawa tersebut merupakan inisiatif pihaknya, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap generasi generasi muda yang mempunyai bakat dan potensi yang luar biasa pada cabang atletik khususnya lari Maraton.

BACA JUGA:  Perlu Aksi Kolaboratif untuk Mendongkrak Indeks Literasi

“Menurut kami banyak sekali potensi yang ada di pemuda yang harus dieksplor dan dikembangkan. Semoga menjadi bibit unggul yang akan menjadi atlet yang dibina oleh pemerintah daerah maupun di TNI-Polri,” harap pemuda asli Palibelo ini.

Bripka Mahdon yang mewakili Kapolres Bima menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama, saat ini masih dalam kondisi pademi, sehingga semua aktivitas selalu dibatasi. Oleh karenanya, pihaknya berharap seluruh pemuda atau kaum milenial mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan selalu menjaga kesehatan.

“Saya mewakili Kapolres Bima menyampaikan salam hormat beliau, karena tidak bisa hadir, karena banyak kegiatan atau acara lain. Saya mengucapkan terima kasih atas lomba lari Marathon ini, karena di mana lomba ini jarang sekali dilaksanakan di lingkungan, baik di lingkungan masyarakat,” ujar Mahdon.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si mengatakan, event lomba lari Marathon tingkat pelajar se- Pulau Sumbawa yang digelar BEM kampus setempat bisa mengembangkan bakat para remaja.   

“Hari ini juga hari- hari bersejarah bagi STKIP Taman Siswa, karena kita dulu pernah mengadakan lomba lari seperti ini.  Di Kabupaten Bima banyak sekali potensi terutama di cabang atlet, dengan cara ini kita kembangkan bakat para remaja kita untuk kita kembangkan,” katanya.

BACA JUGA:  Gerakan Masyarakat Sadar Literasi Diluncurkan, Ketua STKIP Tamsis Ingatkan Pentingnya Kolaborasi

Ibnu berharap seluruh pemuda menjauhi Narkoba dan Bupati Bima perlu mengalokasikan anggaran untuk pembinaan atlet lari Marathon kategori pelajar. “Mungkin ini catatan (bagi) bupati agar mengalokasikan anggaran terkait dengan pembinaan atlet atlet lomba lari Marathon pelajar,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten I Setda Kabupaten Bima,  H Putarman SE mengungkapkan, Pemkab Bima mengapresiasi kegiatan yang digelar BEM Rema STKIP Taman Siswa. “Kondisi Kabupaten Bima terakhir ini sangat memperhatikan, baik di bidang ekonomi, pembangunan dan yang lain akibat dampak covid-19. Saya harap jangan lupa memakai masker dan jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitizer agar terhindar dari covid-19,” katanya.

Mantan Kepala BPMDes Kabupaten Bima itu berharap generasi muda menjauhi Narkoba. “Saya harap pada peserta yang lomba lari Marathon antarpelajar nanti yang meraih juara bisa mewakili atau bisa mengharumkan nama Kabupaten Bima, lebih-lebih nama Indonesia untuk tingkat internasional,” katanya sekaligus membuka lomba lari Marathon tingkat pelajar se-Pulau Sumbawa.

Pembukaan lomba kemudian diakhiri doa oleh Firdaus.  Selain perwakilan Pemkab Bima dan Kapolres Bima, pembukaan juga dihadiri Kabid Perhubungan Darat Drs Azhari Rahman, perwakilan BNNK Kabupaten Bima dan 70 orang dari ratusan peserta lomba lari Marathon. [B-12]