Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Salah satu SPBE milik Pertamina di Pulau Sumbawa siap mendukung pelayanan kebutuhan Masyarakat selama liburan Idul Fitri 1445 Hijriah.
Salah satu SPBE milik Pertamina di Pulau Sumbawa siap mendukung pelayanan kebutuhan Masyarakat selama liburan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dompu, Berita11.com—Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 Skala Ritcher yang mengguncang Kabuapten Dompu dan daerah sekitar pukul 21.57 Wita, Minggu, 7 April 2024 lalu, Pertamina memastikan sarana dan fasilitas (sarfas) di Integrated Terminal BBM, SPBU, SPBE, Agen LPG maupun Pertashop dalam keadaan aman dan tidak mengalami kerusakan.

Pasokan BBM dan LPG dipasitkan dalam keadaan normal. Seluruh lembaga penyalur, baik BBM maupun LPG di Pulau Sumbawa, khususnya Kabupaten Dompu masih beroperasi normal.

Bacaan Lainnya

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan, seluruh lembaga penyalur BBM dan LPG sampai dengan level agen masih melayani dengan normal.

“Kami sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh sarfas kita di wilayah kabupaten Dompu. Mulai dari Integrated Terminal BBM Bima, Depot LPG dan seluruh front liner SPBU dan Pertashop serta agen yang melayani masyarakat dalam keadaan aman,” ujar Ahad, Senin (8/4/2024).

BACA JUGA: Kabinda NTB: Dukungan Semua Pihak agar Pemilu dan Pilkada Berlangsung Lancar

Dijelaskannya, di NTB terdapat beberapa sarana fasilitas Pertamina Patra Niaga, antara lain tiga Terminal BBM, dua Terminal LPG, lebih dari 88 SPBU, 13 SPBE dan 88 Agen LPG. Pasca gempa Pertamina langsung melaksanakan pemeriksaan stok, pulau pompa, area tangki timbun dan sarfas pendukung lainnya di SPBU dan SPBE Pertamina.

“Seluruh SPBU, SPBE dan Pertashop terpantau aman, tidak ada gangguan pasokan BBM dan LPG semuanya tetap berjalan normal, ” ujar Ahad.

Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus hingga saat ini masih terus bekoordinasi dengan BMKG Provinsi NTB dan pemerintah setempat untuk mengantisipasi potensi gempa susulan.

Secara terpisah Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyampaikan, pasca gempa di Kabupaten Dompu yang terjadi pada masa mudik Ramadan Idul Fitri, secara nasional Pertamina Patra Niaga tetap dalam kondisi siaga melayani kebutuhan BBM dan LPG untuk pemudik, termasuk di wilayah NTB.

BACA JUGA: Suka Duka Vaksinator di NTB Menembus Medan Sulit, Bahagia Masyarakat bisa Divaksin

”Sebanyak 115 terminal BBM, 71 DPPU (Depot Pengisian Pesawat udara) dan 30 terminal LPG terus beroperasi menyediakan kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat,” jelas Irto.

Untuk memberikan keamanan pasokan energi bagi masyarakat di masa Ramadan dan Idul Fitri ini, Pertamina mensiagakan 24 jam Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari upstream, kilang, perkapalan, Terminal BBM hingga ke SPBU. Melalui Command Center akan terkoneksi dengan CCTV di 88 SPBU NTB untuk memantau layanan BBM dan stok BBM di SPBU secara real time.

Masyarakat dapat mengakses informasi resmi seputar layanan Pertamina melalui Call Center 135, sosial media @pertamina @pertaminapatraniaga dan @patraniaga.jatimbalinus .

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak berlebihan dalam membeli BBM maupun LPG. Kami terus memonitor situasi terkini dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” pungkas Ahad. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait