Momentum HUT ke-209, Bupati AKJ Sampaikan Sejumlah Prestasi yang Diraih Kabupaten Dompu

Bupati Dompu, H Kader Jaelani Bersama Wabup Dompu, H Syahrul Parsan, Pj Gubernur NTB, HL Gita Ariadi, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri dan Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum saat puncak peringatan HUT ke-209 Dompu di Lapangan Beringin kantor Pemkab Dompu, Kamis (18/4/2024).
Bupati Dompu, H Kader Jaelani Bersama Wabup Dompu, H Syahrul Parsan, Pj Gubernur NTB, HL Gita Ariadi, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri dan Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum saat puncak peringatan HUT ke-209 Dompu di Lapangan Beringin kantor Pemkab Dompu, Kamis (18/4/2024).

Dompu, Berita11.com— Upara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-209 Dompu di lapangan Beringin kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu berlangsung khidmat, Kamis (18/4/2024). Pada momentum ini, Bupati Dompu H Kader Jaelani (AKJ) menyampaikan terima kasih kepada founding father Kabupaten Dompu atas dedikasi dan amal baik bagi kemajuan Bumi Nggahi Rawi Pahu.

H Kader Jaelani mengatakan, para faunding father telah meletakan pondasi bagi pembangunan di Bumi Nggahi Rawi Pahu yang kemudian menjadi pijakan bagi pelaksanaan pembangunan di berbagai etape pembangunan yang berjalan.

Bacaan Lainnya

“Kepada seluruh pendiri bangsa, khsususnya pemimpin Kabupaten Dompu yang terdahulu, atas dharma bhaktinya dan jasa-jasanya untuk Dompu sehingga dapat menjadi daerah otonom di wilayah Negera Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini,” ungkap H Kader Jaelani saat memimpin upacara HUT ke-209 Dompu.

H Kader berdoa jasa dan perjuangan para founding father Kabupaten Dompu dibalas Allah SWT dengan ganjaran pahala terbaik. Pimpinan DPD Partai Nasdem Kabupaten Dompu ini juga menyampaikan apresisi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Dompu, para petani, nelayan, peternak, pedagang dan komponen masyarakat lain.

Kader mengatakan, gegap gempita pembangunan yang dilalui bersama telah membawa Kabupaten Dompu terus berkembang dan makin mengokohkan perannya dalam pembangunan regional dan nasional.

“Apa yang dapat kita saksikan dan rasakan saat ini merupakan rangkaian buah karya bersama para pemimpin terdahulu dengan segenap komponen masyarakat Dompu yang telah berjasa meletakkan pondasi yang kokoh bagi pembangunan daerah dan dilanjutkan oleh para pemegang tampuk amanah pemerintahan dari masa ke masa hingga periode pemerintahan AKJ-SYAH sekarang ini, dengan visi Dompu Mashur: Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati AKJ juga mengulas capaia yang diraih Pemerintah Kabupaten Dompu. Indikator makro pada tahun 2023 di Kabupaten Dompu menunjukan perkembangan yang cukup positif. Perekonomian di Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tumbuh lebih baik dibandingkan dengan tahun 2022. Berdasarkan data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Dompu tahun 2023 sebesar 3,17 persen, meningkat jika dibandingkan capaian tahun 2022 yaitu 2,95 persen.

“Kenaikan ini terasa lebih berarti karena pada masa Covid–19, pertumbuhan ekonomi sempat negatif (minus 3,21%),” ujar H Kader.

Sementara itu, angka kemiskinan di Kabupaten Dompu pada tahun 2023 yang terendah ketiga di NTB, hanya kalah dari Kota Mataram dan Kota Bima. Angka kemiskinan di Kabupaten Dompu tahun 2023 sebesar 12,62%, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yang hanya sebesar 12,4%.

BACA JUGA: Jemput Bola, Kanim Mataram beri Layanan langsung di Lapangan

“Fenomena peningkatan angka kemiskinan ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Dompu, namun terjadi pada hampir di seluruh daerah se-Indonesia. Angka pengangguran terbuka membaik menjadi 2,36 persen pada tahun 2023 dibandingkan pada tahun 2022 yang sebesar 2,5 persen,” ujarnya.

Adapun tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tercatat membaik sebesar 2,36 persen dari 2,5 persen. Pertumbuhan wirausaha baru yang positif serta fasilitasi terhadap UMKM dan IKM merupakan faktor yang turut mempengaruhi peningkatan angka.

Bupati AKJ juga mengulas pendapatan perkapita Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp34.429.000, bertambah naik jika dibandingkan capaian pada tahun 2022 yang hanya sebesar Rp32.638.000.

“Kondisi gini rasio di Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tercatat sebesar 0,33 poin masih dalam klasifikasi sedang,” ujarnya.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM)/ Human Development Index Kabupaten Ddompu nomor lima se– NTB, dengan nilai yang terus meningkat. Capaian IPM Kabupaten Dompu tahun 2023 naik menjadi 71,77 poin dari 69,15 poin pada tahun 2022. Nilai IPM di atas 70 poin, menjadikan Kabupaten Ddompu masuk kategori IPM tinggi atau berhasil dalam pembangunan manusia.

“Pada sektor kesehatan, pravelensi stunting di Kabupaten Dompu tahun 2023 tercatat 10,89 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2022 yang tercatat sebesar 13 persen,” ujarnya.

Usia harapan hidup di Kabupaten Dompu juga terus meningkat dan terus membaik menjadi 71,54 tahun pada tahun 2023 atau meningkat jika dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yang hanya sebesar 67,36 tahun. Dari sisi lain, juga didukung penghargaan akreditasi paripurna sembilan Puskesmas se-Kabupaten Dompu dan Rumah Sakit Umum (RSUD) Daerah Kabupaten Dompu merupakan prestasi yang sangat membanggakan.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani saat memimpin upacara HUT ke-209 Dompu di Lapangan Beringin Kantor Pemkab Dompu, Kamis (18/4/2024).

Demikian pula pada faktor pembentuk IPM lain, yaitu sektor pendidikan, di mana rata-rata lama sekolah mencapai 8,97 tahun dan harapan lama sekolah mencapai 13,83 tahun. Meningkat dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya. Sementara kemampuan daya beli tahun 2023 tercatat sebesar Rp9,4 juta meningkat dibandingkan dengan capaian tahun 2022 sebesar Rp9,2 juta.

Dalam tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi, berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), Kabupaten Dompu telah berupaya mewujudkan tata kelola pemeritahan yang lebih baik melalui perbaikan berkelanjutan. Hal tersebut ditandai dengan terus meningkatnya nilai indeks reformasi birokrasi Kabupaten Dompu dari 54,06 pada tahun 2022 poin menjadi 56,8 poin pada tahun 2023.

Dalam hal akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, penilaian Kemen PAN RB mengkategorikan Kabupaten Dompu berkinerja baik (dengan skor 61,95 poin), dengan besaran nilai yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Begitupun dengan pengelolaan keuangan daerah, Kabupaten Dompu telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

BACA JUGA: Perkuat Kontingen Porprov, Bupati Dompu Ikut jadi Atlet Cabor ini

“Penghargaan sebagai kabupaten dengan yang berkinerja melalui insentif fiskal dengan kategori upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Kabupaten Inovatif oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia,” ujar H Kader.

Selain itu, Kabupaten Dompu meraih labael predikat sangat baik dalam indeks pengelolaan keuangan daerah dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Penghargaan Kabupaten Bebas Polio dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kabupaten dengan Universal Coverage Health (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional.

Prestasi lainnya yang diraih Kabupaten Dompu penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia atas komitmen terhadap perlindungan anak di daerah, Penghargaan sebagai daerah dengan vaksinasi Covid-19 dosis kedua tertinggi se-NTB, Juara 1 lomba keluarga berencana pria tingkat NTB.

“Setelah lama berjuang, akhirnya, timbu Dompu dan sarung muna pa’a telah mendapatkan sertifikat dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 25 Oktober 2023,” ungkap H Kader.

Setelah Kabupaten Dompu berikhtiar selama 15 tahun untuk terbangunnya Pelabuhan Kilo, akhirnya pada April 2024 ini, pemerintah pusat telah menandatangi kontrak proyek fisik pertama pembangunan Pelabuhan Kilo senilai Rp4,8 milar dari anggaran APBN untuk pekerjaan lapangan penumpukan seluas 8.000 meter persegi dan pagar keliling area pelabuhan.

“Terakhir, momentum peringatan hari jadi adalah waktu bagi kita untuk merenda harapan atau manufacturing hope karena kita boleh saja kehilangan segalanya, asal jangan kehilangan harapan,” ujar H Kader.

Upacara HUT ke-209 Dompu dihadiri Pejabat Gubernur NTB, Drs H Lalu Gita Aryadi M.Si dan rombongan, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, Penjabat Wali Kota Bima, Ir H Mohammad Rum MT, pejabat yang mewakili Bupati/Wali Kota se-Provinsi NTB, Wakil Bupati Dompu, H Syahrul ST MT, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, anggota Forkompimda Kabupaten Dompu, Sekertaris Daerah Kabuapten Dompu, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, pimpinan OPD, pejabat struktural dan fungsional, Kepala Kemenag, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, tokoh pemuda, insan pers dan sejumlah elemen penting lain.

Bupati Dompu, H Kader Jaeleni, bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sejarah singkat Kabupaten Dompu, Sekertaris Daerah, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, beritndak sebagai pembaca Undang-Undang Dasar 1945, Andi Bachtiar, A.Md.Par (Ketua DPRD Kabupaten Dompu), pembaca doa, Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Drs H Syamsul Ilyas M.Si, Komandan Upacara, Kapten CZI Arif Budimansyah, Pasipers Kodim 1614/Dompu, dan Perwira Upacara, Kapten Infantri Adisan, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait