Wali Kota Bima Terima Anugerah Kepala Daerah Inovatif 2022 dari MPI

Wali Kota Bima saat Menerima Penghargaan KDI Tahun 2022 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Kota Bima, Berita11.com— Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi menerima anugerah kepala daerah inovatif tahun 2022 dari MNC Portal Indonesia (MPI).

Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Bima di lokasi penagugerahan KDI 2022 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

MNC Portal Indonesia menggelar penghargaan KDI 2022 dengan tema ‘Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0′ merupakan gelaran ke-9 sejak 2014 lalu.  

Tahun ini, MPI memberikan penghargaan kepada 30 kepala daerah yang dinilai telah berinovasi dalam memajukan daerah yang dipimpinnya. Rinciannya, tujuh gubernur, 16 bupati dan tujuh wali kota. Penyerahan penghargaan akan diberikan oleh Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk, Agung Firman Sampurna.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi dinilai sebagai KDI Kategori Pelayanan Publik Terbaik, karena telah berhasil mengembangkan Pusat Layanan Publik Berbasis Teknologi dalam melakukan pelayanan pada masyarakat, khususnya pada pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak yang rentan akan kekerasan melalui Inovasi SIRAPP pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima.

H Muhammad Lutfi mengungkapkan, penghargaan yang diterima, tidak lepas dari dukungan nyata organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Bima, sehingga mengantarkan Kota Bima di bawah kepemimpinan dirinya terpilih sebagai Kota Pelayanan Publik Terbaik.

BACA JUGA:  Wali Kota dan FKPD Salat Idul Fitri Bersama, Ustadz Islamudin Ingatkan Mencintai Saudara Seiman

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen OPD yang terlibat dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan (SIRAPP) sebagai ruang pelaporan dan pengaduan masalah perempuan dan anak untuk memberdayakan kaum perempuan serta melindungi anak-anak kita, sehingga Kota Bima terpilih sebagai Kota Pelayan Publik terbaik,” ucap H Muhammad Lutfi di sela-sela menerima penghargaan KDI di Jawa Tengah.

Dikatakannya, apa yang menjadi harapan dirinya, mampu dijabarkan secara cerdas oleh OPD dan perangkat di bawah. Untuk itu, dia berharap agar apa yang telah dicapai dipertahankan dan semakin ditingkatkan.

“Segenap capaian ini dari dan untuk seluruh masyarakat Kota Bima. Selamat dan terima kasih,” ucapnya.

Anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) adalah sebuah ajang tahunan yang digelar MPI untuk memberikan apresiasi sekaligus motivasi kepada kepala daerah agar terus berkreasi dan berinovasi dalam memajukan masyarakat dan daerah yang dipimpinnya.

Penghargaan KDI 2022 mengangkat tema “Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0” yang merupakan gelaran ke-9 sejak 2014 lalu. Beberapa kategori penilaian yang diberikan, yaitu kategori pelayanan publik, kategori pendidikan, kategori ekonomi, dan kategori pariwisata.

BACA JUGA:  Provinsi NTB Kuatkan Fondasi Perekonomian Melalui Industrialisasi

KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Percepatan pembangunan daerah adalah kunci kemajuan negara, dari daerah untuk Indonesia dan media massa mempunyai kewajiban untuk ikut mendorong lahirnya pemimpin bangsa yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

KDI digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kedua, di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015, sedangkan pada 2016 dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, lalu tahun berikutnya 2017 berlangsung di Jakarta. Pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada 2019 di Padang, Sumatera Barat, sedangkan pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi. Pada 2022 ini KDI digelar di Semarang Jawa Tengah dan rencananya akan digelar di Kota Bima NTB pada 2023 mendatang.

Saat menerima pengharagaan KDI 2022, Wali Kota Bima didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Bima H Mahfud M.Pd, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Setda Kota Bima Iskandar Zulkarnain, S.STP, Kepala Bidang TIK Diskominfotik Kota Bima Fadil, S.STP. [B-19]