Kukuhkan 100 Relawan Damkar, HM Lutfi: Tugas Mulia adalah Membantu Manusia

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi Foto Bersama 100 Relawan Damkar Kelurahan dan Anggota DPRD.

Kota Bima, Berita11.com— Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi mengukuhkan 100 relawan pemadam kebakaran (Damkar) kelurahan. Pengukuhan berlangsung di Aula SMKN 2 Kota Bima, Sabtu (3/12/2022).

H Muhammad Lutfi berharap, relawan Damkar yang dilantik tidak saja konsen terhadap bencana kebakaran, namun juga mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap kondisi lingkungan dengan tidak menebang pohon.

“Berikan pemahaman agar mampu memilah sampah organik dan nonorganik, karena selain penyebab kebakaran dari arus pendek listrik, sebab lainnya dari sampah yang dibakar sembarangan,”  harap Wali Kota Bima saat menyampaikan sambutan.

Dikatakan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia itu, relawan Damkar penting dibentuk, karena penanganan bencana kebakaran tidak hanya oleh pemerintah, namun juga melibatkan masyarakat, sehingga pemerintah membuat regulasi untuk pelibatan masyarakat.

BACA JUGA:  Dorong Masyarakat Keluar dari Jerat Rentenir, Wali Kota Bima Apresiasi Program Mawar Emas

“Terbentuknya relawan hari ini sebanyak 100 orang pada tahap awal untuk bersinergi bersama pemerintah,” ujar HM Lutfi.

Wali Kota juga berharap, sinergitas mampu mengedukasi masyarakat agar memilah sampah plastik, sehingga mengurangi emisi suhu perubahan iklim.  “Pada kesempatan ini juga saya ingin sampaikan satu hal, bahwa tugas yang mulia itu adalah membantu manusia,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bima, Didi Fahdiansyah, menjelaskan, relawan yang dikukuhkan merupakan amanat undang-undang dan Permendagri Nomor 50 tahun 2021, demi mendekatkan dan memberikan perlindungan bagi masyarakat dalam urusan bencana kebakaran.

“Relawan pemadam kebakaran yang dikukuhkan pada tahap pertama ini sebanyak 100 orang dari 20 kelurahan rawan bencana kebakaran, dan kelurahan terjauh,” katanya.

BACA JUGA:  Wali Kota Bima Berharap Kegiatan Bernuansa Islami Ditingkatkan

Dijelaskannya,  dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) diklat teknis, 100 relawan dilatih tentang tugas mengolah data awal tentang bencana kebakaran. “Karena relawan inilah yang pertama berada di lokasi bencana sebelum petugas Damkar tiba,” ujarnya.

Selain Wali Kota Bima, pengukuhan 100 relawan Damkar kelurahan di Kota Bima juga dihadiri Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Didi Fahdiansyah,anggota DPRD Kota Bima M. Irfan,  Kasdim 1608 Bima, Kasat Samapta Polres Bima Kota, AKP Sirajuddin. [B-19]