Tingkatkan Konektivitas Jaringan Penerbangan, Scoot akan Operasikan Pesawat Embraer E190-E2

Penampakan Pesawat Embraer E190-E2 milik Scoot, Anak Perusahaan Singapore Airlines (SIA) Group. Foto Ist.
Penampakan Pesawat Embraer E190-E2 milik Scoot, Anak Perusahaan Singapore Airlines (SIA) Group. Foto Ist.

Singapura, Berita11.com— Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines (SIA) Group, telah menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan penyewa pesawat, Azorra, untuk menambah sembilan pesawat Embraer E190-E2 untuk mendukung strategi pertumbuhan jaringan penerbangan Scoot.

Pesawat pertama dijadwalkan untuk pengiriman pada tahun 2024, dengan delapan pesawat lainnya akan dikirim secara bertahap pada akhir tahun 2025.

Bacaan Lainnya

Scoot akan menjadi maskapai penerbangan Singapura pertama yang mengoperasikan E190-E2, yang merupakan varian terbaru dari jajaran jet regional populer yang diproduksi oleh pabrikan pesawat asal Brasil, Embraer.

BACA JUGA: Mi6 dan Publik Institut NTB Khawatir, Seni Budaya Sasak Masuki Fase Punah

Pesawat ini memiliki kapasitas untuk menampung 112 penumpang dalam konfigurasi satu kelas, dan akan digunakan untuk penerbangan jarak pendek dan menengah hingga lima jam. Pesawat ini akan secara efektif melengkapi pesawat Airbus A320 Family dan Boeing 787 yang lebih besar dalam armada Scoot, yang melayani rute-rute yang lebih pendek ke destinasi kota-kota non metropolitan di luar Singapura.

Investasi ini menggarisbawahi optimisme Scoot terhadap permintaan perjalanan udara yang terus meningkat di Asia dan mendukung Scoot meningkatkan penyesuaian kapasitas penerbangan dengan permintaan perjalanan udara seiring dengan peningkatan jaringan penerbangan regionalnya. Penambahan pesawat E190-E2 akan membantu memperkokoh posisi Singapura sebagai pusat lalu lintas udara terkemuka.

BACA JUGA: Mengintip Eksotisme Danau Kelimutu, Surga Tersembunyi di Pulau Flores

Chief Executive Officer Scoot, Leslie Thng mengatakan, memperluas armada Scoot dengan sembilan pesawat E190-E2 baru memungkinkan Scoot untuk terus mengoperasikan armada pesawat udara yang modern dan hemat bahan bakar. Hal itu juga menegaskan komitmen Scoot menawarkan lebih banyak lagi kesempatan perjalanan bagi pelanggannya dengan nyaman, aman dan terjangkau.

“Pesawat-pesawat baru ini memastikan bahwa Scoot siap untuk berkembang dengan meningkatkan konektivitas kami di wilayah ini dan mendukung pengembangan hub kami di Singapura,” kata Leslie Thng.

Untuk diketahui, pesawat Embraer E190-E2 bertipe mesin Pratt & Whitney GTF PW1900, kapasitas penumpang 112 orang, panjang dari ujung hidung (nose) hingga ujung ekor 36,3m, bentang sayap 33,7 m, kecepatan jelajah maksimum 0,82 Mach, range 2.850 nm / 5.278 km. [B-22]

Pos terkait