Menimalisasi Penggunaan Kertas, SMK Keperawatan Surya Mandiri Bima Gelar UAS Berbasis Android

Suasana UAS SMK Keperawatan Surya Mandiri Bima.

Kota Bima, Berita11.com— Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Keperawatan Surya Mandiri Bima menggelar ujian akhir semester (UAS) berbasis android, 2-10 Juni 2021.

Kepala SMK Keperawatan Surya Mandiri Bima, Hidayatullah menjelaskan, UAS berbasis android atau dalam jaringan dilaksanakan sekolah setempat agar siswa mampu memanfaatkan android secara maksimal.

Dikatakannya, selain mendorong pemanfaatan android secara tepat oleh siswa, model baru UAS tersebut juga untuk meminimalisasi penggunaan kertas. Selain itu, guru bisa lebih cepat mengoreksi hasil ujian siswa, karena tidak perlu lagi mengoreksi lembar demi lembar seperti pelaksanaan UAS manual sebelumnya.  “Anak-anak lebih tahu manfaat lain android, selain untuk komunikasi dan media hiburan,” ujarnya di Penatoi, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA:  STKIP Tamsis Tatar Guru Tiga Kecamatan secara Daring dan Luring tentang Gemar Literasi

Pelaksana Tugas Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMK Keperawatan Surya Mandiri Bima Khaerunnisah, S.Kep.NS mengatakan, tidak ada kendala pelaksanaan UAS berbasis android, karena umumnya siswa-siswi SMK setempat telah menggunakan gawai canggih (smart phone).  “Sebelum digelar, sudah pernah dilakukan versi kuis berbasis android pada saat proses belajar mengajar di sekolah selama pandemi Covid-19.

UAS berbasis android SMK Keperawatan Surya Mandiri digelar 2-10 Juni 2021. “Alhamdulillah untuk kuota internet tidak ada kendala, karena ada dua router kepemilikan SMK dan ditunjang Kebidanan Surya Mandiri dan dua  institusi dalam satu area. Kalaupun ada kendala, paling ada beberapa, misalkan kendala android atau smartphone siswa. Itupun pihak sekolah sudah menyiapkan cadangan android yang dimiliki sekolah,” pungkas Khaerunnisah. [B-12]

BACA JUGA:  Tak ada Pelonco, Hari ini 718 Maba STKIP Tamsis Ikut PPKMB