Universitas Samawa Peroleh Hibah GNRM dari FRI bersama Kemenko PMK-RI

Rektor Universitas Samawa, Syafrudin.

Sumbawa Besar, Berita11.com— Universitas Samawa (UNSA) berhasil mendapatkan hibah program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2021, sebagaimana surat Forum Rektor Indonesia (FRI) nomor 057/IT3/TU/FRI/2021 tanggal 22 Juni 2021. Hibah tersebut didapatkan setelah bersaing dengan 189 proposal dari 109 perguruan tinggi negeri dan swasta yang diajukan Forum Rektor Indonesia (FRI) selaku panitia seleksi.

“Jadi KKL tahun ini, di tengah Pandemi Covid-19, kebetulan kita memenangkan hibah Kuliah Kerja Nyata Gotong Royong (KKN-GR), dengan tema revolusi mental kerja sama Forum Rektor Indonesia dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” kata Rektor Universitas Samawa,  Syafruddin di ruang kerjanya, Sabtu (14/08/2021).

Diungkapkan, dengan hibah yang diperoleh tersebut, maka Universitas Samawa berkewajiban melakukan kegiatan seperti yang ditentukan oleh FRI. “Jadi kegiatannya, ya termasuk apa yang di gariskan oleh forum rektor sebagai lembaga pelaksana program di tingkat pusat,” jelas Doktor Syafruddin.

BACA JUGA:  STKIP Tamsis Tatar Guru Tiga Kecamatan secara Daring dan Luring tentang Gemar Literasi

Disebutkan, Universitas Samawa menjadi satu-satunya universitas yang mendapatkan hibah tersebut di NTB. “Diberikan ke kampus yang memang dilombakan kemarin. UNSA dapat, di NTB kita sendiri yang dapat. Jadi, ada program dan dana, sehingga sebagai penanggung jawab, ya melaksanakan sesuai apa yang di gariskan oleh forum rektor,” ucapnya.

Dijelaskan, salah satu bentuk penerapan tanggungjawab dari hibah tersebut, Universitas Samawa telah meluncurkan relawan Covid-19. Termasuk kegiatan-kegiatan virtual dan rangkaian kegiatan lainnya.

“Di samping program-program kemandirian lokal kita, seperti ada permintaan desa yang mau menggunakan tenaga pengabdian mahasiswa lewat program ini, ya kita akan layani, sehingga tematik dari program ini, juga ditambah dengan ide-ide aksidental masyarakat Sumbawa, selama itu memang mampu dilakukan oleh mahasiswa,” jelasnya.

Diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Forum Rektor Indonesia (FRI), tahun ini kembali mengadakan kerja sama untuk Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui partisipasi masyarakat tahun 2021.

BACA JUGA:  Gelar Diskusi Publik Hardiknas, LMND dan PRD Sebut Kualitas Pendidikan di Kabupaten Bima Jomplang

Kegiatan ini secara detail akan dilaksanakan oleh perguruan tinggi (PT) anggota FRI. Peran aktif PT sebagai bagian dari masyarakat, berkontribusi besar untuk menghasilkan output nyata pada lima dimensi gerakan melalui program/kegiatan yang  yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong.

Kriteria pelaksanaan kegiatan GNRM diutamakan untuk kegiatan-kegiatan yang mengangkat nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong. Kegiatan yang akan diajukan merupakan kegiatan yang sudah terprogram/kegiatan reguler yang berkesinambungan (sustainable program) di tingkat perguruan tinggi masing-masing.

Sejak diluncurkan pada awal Juni 2021, program ini mendapat sambutan hangat dari PT, anggota FRI. Sejumlah proposal diajukan dengan berbagai lingkup kegiatan, mulai dari KKN-Gotong Royong, Kampus Mengajar, wirausaha desa, proyek kemanusiaan, proyek mahasiswa baru, kompetisi/lomba, hinga aksi nyata/kegiatan lain yang relevan. [B-30]