Lantik Puluhan Pejabat, Wali Kota Bima Ingatkan Ikrar ASN dan soal Attitude

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi saat Melantik Puluhan Pejabat Struktural dan Fungsional, Jumat (6/1/2023).
Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi saat Melantik Puluhan Pejabat Struktural dan Fungsional, Jumat (6/1/2023).

Kota Bima, Berita11.com— Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE melantik pejabat structural dan fungsional lingkup Pemerintah Kota Bima, Jumat (6/1/2023). Prosesi pelantikan berlangsung di aula kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

Puluhan pejabat yang dilantik yaitu 85 pejabat struktural, dan tiga pejabat fungsional dan tiga kepala Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi mengatakan, tahun 2023 terakhir dirinya mengabdi sebagai Wali Kota Bima periode 2018-2023 dan masih tersisa Sembilan bulan ke depan.

Dikatakannya, dalam perjalanan memimpin Kota Bima selama ini, masih banyak yang diketahuinya berkaitan hiruk-pikuk dunia birokrasi. “Ternyata tidak mudah menjadi kepala daerah,” ungkap H Muhammad Lutfi.

Menurutnya, banyak orang yang cara berpikirnya berbeda-beda, tidak banyak aparatur sipil Negara (ASN) yang bekerja sesuai peraturan. Selain itu, masih banyak ASN yang menginginkan jabatan dengan orientasi untuk meraih sesuatu.

“Saya berharap, jalankan amanah jabatan itu sesuai dengan sumpah yang telah diikrarkan. Niatkan mengabdi, setulus saya mencintai Anda sekalian, karena saya tidak pernah memungut biaya apapun dan tidak meminta apapun untuk mengangkat dan melantik Bapak Ibu sekalian,” kata Lutfi mengingatkan pejabat yang dilantik.

BACA JUGA: Hadiri Munas IKRA, HML: Organisasi adalah Ruang Ibadah dan Pengabdian

Wali Kota Lutfi mengungkapkan, dirinya hanya menginginkan birokrasi yang dipimpinnya sehat. Untuk itu, diharapkannya seluruh pejabat yang dilantik bekerja dan meraih prestasi untuk Kota Bima serta menciptakan inovasi. “Hanya itu yang saya inginkan,” tandasnya.

H Lutfi juga mengingatkan agar ASN menjaga sikap (attitude). Fokus bekerja dan terlibat politik praktis. “Sosialisasikan apa yang telah dicapai oleh pemerintah. Niat itu adalah segala-galanya, sehingga jika sudah dimulai dengan niat bagus, maka segala urusan akan dipermudah oleh Allah SWT,” pesan H Lutfi.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bima juga menyampaikan hasil monitoring risiko korupsi (Monitoring Center for Prevention/ MCP) Kota Bima terakhir bertengger pada angka 95 % atau rangking ke-30 se-Indonesia, bersaing dengan 500 kabupaten, kota dan provinsi se-Indonesia.

“Capaian ini kalau bisa pertahankan, bila perlu ditingkatkan. Kita harus berbangga diri, kita saja bukan di wilayah ibukota provinsi, tapi mampu meraih capaian MCP terbaik urutan ke 30 dari 500 kabupaten kota provinsi se-Indonesia,” ujarnya.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi Menyampaikan Sambutan Usai Melantik Puluhan Pejabat, Jumat (6/1/2023).

Puluhan pejabat tinggi pratama yang dilantik, di antaranya A Faruk dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bima, Agus Purnama dilantik sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Gufran dilantik sebagai Kepala BPBD Kota Bima.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bima Hadiri Rapat Paripurna Pembahasan APBD 2024

Adhi Aqwam yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda dan Litbang Kota Bima dilantik sebagai Sekretaris Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kota Bima. Wali Kota Bima juga melantik Rusnah sebagai Kabag Umum Setda Kota Bima setelah sebelumnya menjabat Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima.

Pejabat lain yang dilantik Is Fahmin yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima dirotasi Sekretaris Diskominfotik Kota Bima, sedangkan Ahmadin yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris Diskominfotik dirotasi menjadi Sekretaris Dishub Kota Bima.

Wali Kota Bima juga melantik Drs Amsor sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Bima yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bima.

Iksan yang sebelumnya menjabat Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Bima dilantik sebagai Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima.

Pelantikan pejabat lingkup Kota Bima juga diikuti Sekretaris Daerah Kota Bima, H Muhtar Landa, sejumlah kepala OPD, camat, lura dan Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan. [B-22]

Pos terkait