KNRP Kabupaten Bima dan Masyarakat Dompu Aksi Solidaritas untuk Palestina, Legislator Sumbang Rp25 Juta

Dua Anggota DPRD Kabupaten Dompu Ikut Aksi Solidaritas untuk Palestina dan Menyumpang Rp25 Juta, Rabu (19/5/2021).

Bima, Berita11.com— Aksi solidaritas dalam bentuk penggalangan dana peduli Palestina dilakukan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Kabupaten Bima di Jalan Lintas Bima-Sumbawa sekitar pasar Sila dan Cabang Donggo Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Rabu (19/5/2021).

Aksi serupa dilakukan elemen masyarakat yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Dompu untuk Palestina.  Dalam aksi itu, dua anggota legislator Kabupaten Dompu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem menyerahkan sumbangan untuk Palestina sebesar Rp25 juta.

Aksi penggalangan oleh KNRP Kabupaten Bima di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dikoordinir Ustadz Abdurrahman S.Pd. Massa KNRP memulai penggalangan dana dengan titik star di Masjid Al Amin Desa Rato Kecamatan Bolo menuju pasar Sila, kemudian kembali titik awal.

Dalam orasinya pada penggalangan dana, Ustadz Indrawan S.Pd mengatakan, kondisi bangsa Palestina hingga kini masih menghadapi tekanan Israel dalam bentuk penjajahan, bahkan hingga kejahatan perang.

Menurutnya, hal itu membuat seluruh masyarakat di dunia bersimpati. Kondisi terkini, agresi Israel kepada bangsa Palestina semakin memrihatinkan. Serangan terus dilakukan membuat korban jiwa semakin berjatuhan.

“Atas dasar itu, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Kabupaten Bima melakukan aksi galang dana untuk membantu meringankan derita rakyat Palestina,” ujar Ketua ALPA Bima ini.

Dia berharap keikhlasan hati warga Kabupaten Bima terutama para pedagang dan pengunjung pasar Sila, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima menyisihkan sedikit rezeki untuk bersedekah. “Membantu saudara muslim yang sedang berjuang di Palestina, duka Palestina adalah duka kita juga,” ujarnya.

BACA JUGA:  Viral Video Pria di Bima bawa Lumba-lumba, Disoroti Warganet dan Pemerhati Animal

Aksi massa KNRP yang dimulai sekira pukul 07.00 Wita tersebut berakhir sekira pukul 09.45 Wita. Dana yang terkumpul dalam aksi pagi hari Rp11.314.000. Aksi penggalangan kemudian dilanjutkan pada Rabu sore di Cabang Donggo dan sekitar pasar sore Desa Kanangan, Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Pada bagian lain, aksi serupa juga dilakukan sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Bima seperti di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, aksi penggalangan dana dikoordinir mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Soromandi, Gufran S.Pd dengan menggunakan kendaraan bak terbuka (pick up) seraya melakukan seruan kepada masyarakat.

Sementara itu, di Kabupaten Dompu, aksi penggalangan dana dilakukan massa yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Dompu untuk Palestina yang dikoordinir Iwan Sakral, jurnalis senior di Dompu dan Putra Taufan (Ketua KONI Dompu).

Aksi solidaritas massa yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, ASN, masyarakat umum dan karyawan perusahaan swasta diawali di titik kumpul di Masjid Raya Baiturrahman Dompu. Massa menggunakan pakaian dominan putih disertai masker dan syal Palestina.

“Semua bangsa memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri berdasarkan hak mereka secara mutlak. Bebas menentukan status politik dan bebas dalam mengurus ekonomi, pembangunan sosial dan budaya,” kata Taufan, salah satu koordinator massa.

Sebagaimana pernyataan Solidaritas Rakyat Dompu untuk Palestina, berdasarkan isi Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai perdamaian dan hak asazi manusia, bahwa setiap bangsa tidak boleh membiarkan penaklukan, dominasi dan eksploitasi oleh pihak asing. Karena itu merupakan penyangkalan hak-hak asazi manusia, bertentangan dengan piagam PBB dan merupakan halangan untuk mempromosikan kerja sama dan perdamaian dunia.

BACA JUGA:  Iran Mengadakan Latihan Perang Perbatasan di tengah Ketegangan Hubungan dengan Azerbaijan

Semua negara berdasarkan ketentuan dari piagam PBB atas dasar kesetaraan, non-intervensi dalam urusan internal semua negara dan menghormati hak-hak berlaulatt dari semua bangsa dan integritas territorial.

Salah satu penyeserta aksi Solidaritas Rakyat Dompu untuk Palestina, Muhammad Sidik menyatakan dukungan untuk Palestina dan mengecam penyerangan dan kejahatan kemanusiaan oleh Israil.

Pria yang akrab disapa Bang Yogi ini mengungkapkan, dalam aksi solidaritas untuk Palestina di Dompu, dua anggota DPRD Kabupaten Dompu menyumbang Rp25 juta, di mana legislator dari Fraksi PKS, Iskandar (Pas) menyumbang secara pribadi Rp10 juta untuk Palestina dan membeli sorban Palestina Rp10 juta.  Sementara tambahan sumbangan berasal dari Ir Mutaqun, legislator dari Partai Nasdem, sehingga total yang terkumpul dari legislator Rp25 juta.

“Sehingga dana yangg terukmpul sebesar 25 juta dri kedua anggota DPRD. Semoga amal jahrianya selalu dibalas. oleh (Allah), amin,” ucap Bang Yogi.

Sehari sebelumnya, aksi penggalangan dana untuk Palestina juga dilakukan massa Himpunan Masyarakat Peduli Domokrasi yang dikoordinir Makruf S.Pd. aksi penggalangan dilakukan di Kecamatan Bolo dan Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. [B-12/B-10]