Antisipasi Penularan Covid-19 saat Ramadan dan Mudik, BINDA NTB Gencarkan Vaksinasi

Mataram, Berita11.com– Dalam upaya mengantisipasi lonjakan mobilitas dan interaksi sosial di bulan Ramadan dan saat lebaran nanti, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah NTB terus menggencarkan vaksinasi massal secara serentak di 10 kabupaten dan kota. BIN ingin membantu masyarakat NTB bisa menjalankan puasa sampai lebaran dengan baik dan tidak terganggu dengan penularan Covid-19.

“Salat tarawih berjamaah selama Ramadan, kemudian dilanjutkan silaturahmi dengan keluarga saat lebaran merupakan momentum besar yang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat. Kita ingin semua itu berjalan dengan baik, tidak terganggu dengan penularan Covid-19,” ujar Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya, Rabu (6/4/2022).

Wara mengatakan, vaksinasi booster diperlukan untuk meningkatkan pertahanan masyarakat menghadapi risiko terserang virus Covid-19. Menurutnya, jika mobilitas masyarakat masif, maka risiko penularan Covid-19 ikut meningkat.

BACA JUGA:  BIN Kembali Intensifkan Vaksinasi Massal Primer dan Booster di Kabupaten Bima

Dengan adanya tarawih berjamaah, kemudian mudik ke kampung halaman dan bertemu keluarga saat lebaran, risiko terserang virus Covid-19 akan meningkat.

Sejumlah Pelajar di Kabupaten Dompu yang Menerima Vaksinasi yang Digelar BIN Daerah NTB

“Karena itu disarankan untuk masyarakat yang akan mudik maupun yang akan menerima kunjungan keluarga yang mudik, segera lakukan vaksinasi booster. Dosis booster sudah bisa dilakukan minimal tiga bulan setelah vaksinasi kedua atau vaksinasi lengkap,” tutur Wara.

Wara mengungkapkan sasaran vaksinasi booster yang pihaknya lakukan termasuk para lansia atau orang tua yang akan banyak didatangi keluarga untuk silaturahmi lebaran. Menurut dia, lansia atau orang tua memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan golongan umur yang lain.

“Jadi, ini semua untuk menambah kebahagian keluarga dengan mudik yang sehat, tanpa paparan Covid-19,” kata dia.

BACA JUGA:  Target 155 Ribu Orang per Bulan,  BINDA NTB Genjot Vaksinasi agar Menuju Endemik

Dalam kegiatan vaksinasi massal serentak di 10 kabupaten kota itu, selain dosis tiga atau booster, jajaran BIN Daerah NTB juga tetap melayani dosis kesatu dan dosis kedua bagi masyarakat umum dan anak-anak. Sebanyak 6.375 dosis telah disediakan di 102 gerai atau posko vaksinasi Binda NTB di 10 kab/kota se-NTB. [B-12]