Polisi dan TNI Gagalkan Balap Liar Pelajar di Dompu

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kandai Satu Dompu Menggagalkan Aksi Balap Liar oleh Sejumlah Pelajar.

Dompu, Berita11.com— Rencana tiga pelajar yang hendak melakukan aksi balap liar di jalan raya sekitar area sawah so Doro Cumpa Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu digagalkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat, Jumat (9/9/2022) pagi.

Polisi dan anggota TNI berhasil menggagalkan rencana balap liar tersebut setelah memperoleh informasi dari masyarakat. Sejumlah pelajar yang hendak melakukan balap liar tersebut diamankan Bhabinkamtibmas Kandai Satu, Bripka Heri Kuswanto bersama Babinsa Kandai Satu, Sertu Amril. Sejumlah siswa tersebut dibawa dan dibina di Mapolsek Dompu.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA: Polisi Bubarkan Balap Liar di Kabupaten Bima, Tiga Sepeda Motor Diamankan

Kapolsek Dompu Ipda Arif Syarifuddin membenarkan peristiwa tersebut.

“Iya benar, ketiga remaja tersebut diamankan oleh Bhabinkamtibmas bersama Babinsa setelah adanya laporan warga teekait adanya aksi balap liar,” kata Ipda Arif Syarifuddin dikutip Humas Polda NTB.

Arif mengatakan, pihaknya telah kami memberikan sanksi terhadap siswa yang hendak melakukan balap liar. Para pelajar tersebut telah membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan apapun yang sifatnya melanggar hukum.

“Hal seperti ini cukup meresahkan warga dan juga berpotensi adanya korban jiwa, oleh karenanya saya berharap para orang tua bisa lebih mengontrol keseharian anak anaknya,” harapnya.

Saat pertama kali diamankan, tiga pelajar yang hendak melakukan balap liar tersebut diperiksa oleh aparat keamanan untuk memastikan tidak membawa barang-barang yang dapat membahayakan diri dan orang lain.

BACA JUGA: Desak Status Kerja Diperjelas, Anggota PPDI Geruduk Kantor Pemkab Bima hingga Ancam Aksi Mogok

“Ketiga pelajar ini terlebih dahulu dilakukan penggeledahan badan, tas dan kendaraannya, tapi tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan dan kami juga memanggil pihak sekolah orang tuanya,” tutur Arif.

Arif menyampaikan apresiasi terhadap Bhabikamtibmas yang telah bereaksi cepat mencegah balap liar. Dia berharap setiap personil mengawasi kelurahan dan desa binaannya masing-masing.

Setelah mendapat bimbingan dan arahan, sejumlah pelajar tersebut dikembalikan ke orang tua dan pihak sekolah.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat jika ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di sekitar masing-masing agar segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas agar dapat cepat ditindak lanjuti.” imbau Arif. [B-22]

Pos terkait