Siapkan Masa Depan Anak dengan Jaminan Asuransi Pendidikan

Manfaat Asuransi Pendidikan.

Siapapun ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak mereka. Namun, dana pendidikan dari tahun ke tahun semakin besar, dan membuat orangtua harus kerja keras untuk memenuhi biaya pendidikan ini.

Karena itu, dibutuhkan sebuah perencanaan pendidikan anak dengan alternatif terbaik, yaitu asuransi pendidikan. Dengan jenis asuransi ini, seorang anak akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Asuransi pendidikan semakin diminati karena kesadaran tentang pendidikan anak juga semakin tinggi. Begitu pun produk asuransi lainnya, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan berbagai jenis asuransi lainnya.

Apalagi, berkat kemajuan teknologi semua orang mendapatkan banyak akses informasi. Contoh yang paling populer dan banyak digunakan adalah asuransi kesehatan terbaik dan klaim mudah.

Pertanyaannya selanjutnya, bagaimana asuransi pendidikan ini bisa menjamin masa depan anak, khususnya dalam bidang pendidikan? Buat mengetahuinya, mari simak ulasan berikut!

Apa yang Dimaksud Asuransi Pendidikan?

Sebelum lebih jauh mengenal apa saja manfaatnya, Anda harus mengenal terlebih dahulu apa sih asuransi pendidikan ini. Asuransi pendidikan merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan dan menjamin pendidikan anak dimasa depan.

Asuransi pendidikan ini juga masuk dalam kategori investasi. Di mana yang namanya asuransi, Anda akan terhindar dari inflasi yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Inflasi ini bisa dilihat dari biaya pendidikan yang Anda butuhkan saat sekolah, pastinya sangat berbeda dengan biaya pendidikan sekarang. Begitu pun dengan biaya pendidikan di masa anak Anda sekolah, yang pasti nilainya akan jauh lebih tinggi.

BACA JUGA:  Mengenal Asuransi dan Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Belum lagi terkait adanya risiko lainnya, seperti risiko bagi orangtua kehilangan pekerjaan. Meninggal dunia, atau berbagai risiko lainnya yang akan menyulitkan anak meraih pendidikan terbaiknya.

Apa saja Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Asuransi Pendidikan?

Adanya asuransi pendidikan ini akan memberikan jaminan terhadap pendidikan anak di masa yang akan datang.

Dari tujuan tersebut, asuransi pendidikan ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi problem inflasi pada biaya pendidikan, dan adanya risiko yang terjadi terhadap orangtua.

Dua poin tersebut menjadi manfaat utama dari asuransi pendidikan ini. Nah, berikut dua poin penting manfaat asuransi ini:

Menjadi Solusi Inflasi untuk Dana Pendidikan di Masa Depan

Dana pendidikan bisa dipastikan setiap tahunnya bertambah. Hal ini sudah bisa dilihat sejak bertahun-tahun lalu.

Bahkan, inflasi biaya untuk pendidikan, lebih besar dari inflasi ekonomi. Dari sumber yang data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik, kenaikan biaya sekolah mencapai 15% setiap tahunnya.

Kenaikan tersebut dihitung berdasarkan berbagai faktor. Seperti adanya kenaikan SPP, harga seragam, buku, dan berbagai biaya lainnya.

Kenaikan tersebut dihitung untuk sekolah negeri yang notabene masih mendapatkan bantuan dari pemerintah. Di sekolah swasta, kenaikan biayanya bahkan jauh lebih besar, mencapai 40%.

Melihat data-data tersebut, tentunya setiap orang tua akan merasa sangat berat. Bayangkan saja, jika biaya untuk sekolah TK yang saat ini berkisar Rp40 juta, 5 tahun ke depan akan berubah mencapai kurang lebih Rp50 juta atau bahkan bisa mencapai Rp60 juta.

BACA JUGA:  Madu Trigona Sumbawa akan jadi Ekowisata di Pulau Sumbawa

Belum lagi untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi, tentunya akan jauh lebih besar, bukan?

Menjamin Risiko pada Orangtua di Masa Depan

Orangtua pastinya sebagai penopang dari anak untuk meniti pendidikan, dari usia dini hingga perguruan tinggi. Jika terjadi sesuatu pada anak, tentunya akan membuat pendidikan anak terganggu, bahkan bisa jadi akan mengalami putus sekolah.

Berbagai risiko yang bisa mengurangi jaminan pendidikan anak, seperti ketika orangtua mengalami sakit, kecelakaan, cacat fisik, hingga meninggal dunia. Meski tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi, tentunya kemungkinan tersebut selalu saja ada.

Karena itulah, asuransi pendidikan menjadi jembatan yang bisa memberikan jaminan pendidikan terbaik kepada anak.

Mekanisme Kerja Asuransi Pendidikan

Cara kerja asuransi pendidikan ini sama halnya dengan investasi. Hanya saja, ada polis tambahan asuransi jiwa untuk orangtua.

Untuk lebih jelasnya simak cara kerja asuransi pendidikan berikut:

  • Premi yang dibayarkan akan dikelola oleh perusahaan asuransi.
  • Ada sebagian dana dikelola untuk ditanamkan dalam reksa dana atau obligasi.
  • Setiap periode tertentu, ada keuntungan yang didapatkan dari instrumen investasi tersebut.
  • Klaim bisa diajukan sesuai dengan polis, yaitu saat anak akan mulai bersekolah. Dana tersebut dari keuntungan investasi dan uang pertanggungan.

Hal itu pun berlaku untuk asuransi pendidikan yang pastinya punya manfaat yang sangat besar untuk masa depan sang buah hati. Jadi, mulailah untuk merencanakan pendidikan anak dari sekarang!