Akademisi Puji Pusat Data Milik Pemprov NTB

Bincang Gemilang, Satu Data di Aula Gemilang Diskominfotik NTB, Senin (27/12/ 2021).

Mataram, Berita11.com— NTB Satu Data, salahsatu program unggulam Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB), di bawah kepemimpinan Gubernur H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur  Hj Sitti Rohmi Djalilah, terus mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu, sehingga dapat dijadikan pijakan untuk perencanaan pembangunan NTB Gemilang.

Salahsatu Big Data milik NTB ini bahkan diakui sangat andal karena memiliki kualitas data dan terus disempurnakan, serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga banyak digunakan oleh masyarakat, mahasiwa, akademisi untuk keperluan tugas kuliah, riset, kajian dan keperluan lainnya. 

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, Hartin Nur Khusnia mengatakan, portal NTB Satu Data menjadi kebutuhan yang sangat penting dan bermanfaat sekali, ketika melakukan aktifitas akademis seperti untuk kajian, riset dan penelitian lainnya.

“Saya pernah punya pengalaman riset terkait dengan komunikasi dan mitigasi bencana di masa pandemi, sehingga mengenal NTB Satu Data yang digagas Dinas Kominfotik NTB sebagai informan penelitian,” kata Hartin Nur Khusnia pada acara Bincang Gemilang, secara offline dan online melalui akun media sosial resmi Pemprov NTB, bertema NTB Satu Data di Aula Gemilang Diskominfotik NTB, Senin (27/12/ 2021).

BACA JUGA:  Jadi Tuan Rumah IYD 2022, 100 Pemuda NTB akan Terlibat Langsung

Menurut Hartin, NTB Satu Data sangat dibutuhkan untuk mendukung tugas atau laporan untuk mahasiswa dalam menyelesaikan tugas skripsi maupun tesis. Selama ini, civitas akademika kerap memperoleh data melalui cara konvensional, seperti harus mengajukan surat atau pemberitahuan, kemudian menunggu izin dan jawaban dari organsisasi perangkat daerah (OPD) atau lembaga sumber data.

Lebih dari itu, saat membutuhkan data spesifik, harus melalui interview. Demikian juga dalam meminta data statistik atau kebutuhan data yang lain. “Setelah kami mengetahui keberadaan NTB Satu Data, begitu mudah dan tanpa berurusan dengan birokrasi yang lama, bisa memperoleh data sektoral untuk kebutuhan kami,” ujar Hartin.

Dia berharap, pada masa mendatang, data di pangkalan NTB Satu Data terus sempurnakan dan dilengkapi, lebih baru. Selain data statistik, kebutuhan data naratif juga  harus tersedia.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Fraksi PKB dan Aktivis Puji Vaksinasi di NTB

Hartin juga mengapresiasi keberadaan portal NTB Satu Data yang disiapkan Pemprov NTB, dalam upaya mewujudkan pemerintah yang baik (good govermance),  sebagai bentuk transparansi pemerintah kepada publik.

Selain itu,  Hartin juga berharap, di tengah pesat pengguna teknologi IT, portal NTB Satu Data, dapat meraih urutan teratas dalam pencarian data tentang NTB di pencarian mesin google, sehingga memudahkan masyarakat memperoleh data.

“Ketika kami mencari data, misalnya tentang perempuan, maka kami akan diarahkan ke link atau alamat daring teratas , yaitu portal NTB Satu Data dalam mesin pencarian google,” pungkasnya. [B-17]