Bagaimana Masa Depan Mandalika Setelah MotoGP?

H Zulkieflimansyah.

Berita11.com— Banyak masyarakat yang menanyakan bagaimana masa depan Sirkuit Mandalika setelah event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) digelar? Apakah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) mampu tetap menggerakkan roda perekonomian di kawasan tersebut setelah ajang balap motor dunia itu digelar.

Dalam acara Editorial Media Indonesia di Metro TV, Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah menjelaskan, Mandalika bukan hanya Sirkuit,  tetapi merupakan sebuah kawasan pariwisata dengan segala eksotisme alaminya yang memikat. Terlebih Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Menurut Zulkieflimansyah, melalui event-event otomotif internasional yang digelar seperti WSBK, Asian Talent Cup, MotoGP, dan event-event yang akan digelar kemudian hari, secara tidak langsung menjadi ajang promosi Mandalika dan Lombok pada umumnya.

BACA JUGA:  Industrialisasi NTB Sejalan dengan Prinsip Ekonomi Islam

“Mandalika bukan hanya sirkuit. Mandalika adalah tempat wisata yang kebetulan ada sirkuit di dalamnya,” kata Zulkieflimansyah yang mengikuti Editorial Media Indonesia melalui Pendopo Gubernur NTB, Kamis (17/3/2022).

Suksesnya merek negara (country branding) Mandalika melalui berbagai event otomotif yang telah digelar maupun akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, diharapkan terus mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. “Terlebih dengan akan ditambahkannya berbagai penerbangan langsung ke Lombok, diharapkan roda prekonomian di Mandalika bisa terus berputar,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Menurutnya, event besar seperti WSBK, Asian Talent Cup, MotoGP di Sirkuit Mandalika, secara langsung mendorong penerbangan menjadi ramai. Selain itu, restoran penuh,  dan transaksi di hotel semuanya tumbuh. “Bisa dibayangkan apalagi nanti ketika penerbangan langsung ke Lombok sudah dibuka akan lebih banyak yang berkunjung,” kata Zulkieflimansyah.

BACA JUGA:  Maksimalisasi Smart City, Pemkot Bima Serahkkan PC kepada Kelompok Informasi Masyarakat

Zulkieflimansyah juga mengatakan, Sirkuit Mandalika tak hanya dipakai untuk event MotoGP saja, namun untuk event otomotif lain akan sering digelar.  “Jadi tidak akan sepi. Selalu akan ada event internasional otomotif yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Apalagi ada masukan dari pembalap itu, sikruit ini harus sering dipakai. Jadi tidak bisa dipakai hanya saat MotoGP saja. Sebelum dan sesudahnya harus sering dipakai,”  katanya.

Editor: Nurdin