Refleksi HUT ke-64 Bumi Gora, Rohmi Paparkan Capaian NTB Gemilang

Mataram, Berita11.com— Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, NTB Gemilang bukanlah sekadar mimpi. Untuk mencapainya butuh keberanian dan kerja sama. Hal itu disampaikannya saat menjadi inspektur upacara hari ulang tahun (HUT) ke-64 Nusa Tenggara Barat yang berlangsung di Lapangan Bumi Gora Kantor Pemerintah Provinsi NTB, Sabtu (17/12/2022).

HUT ke-64 NTB mengusung tema Optimis dalam Kebersamaan NTB Gemilang.

Bacaan Lainnya

“Satu tahun terakhir masa kepemimpinan kami ini adalah ruang bagi kita segenap masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk terus bersama-sama memacu adrenalin menggenapkan visi-misi besar NTB Gemilang,” ujarnya.

Rohmi membeberkan, dalam mengawali amanah sebagai pemimpin NTB, dirinya bersama Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah (Zul-Rohmi) melewati masa-masa sulit, mulai dari bencana gempa bumi tahun 2018. Kemudian berlanjut mulai Maret 2020 pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Pada tahun 2022 Pemrov NTB juga disambut dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) permasalahan inflasi dan bayang-bayang resesi dunia.

BACA JUGA: Dua Remaja Tewas saat Mandi di Pantai Setangi Lombok

“Pemerintah Provinsi NTB terus memacu program unggulan seperti industrialisasi, Posyandu keluarga, beasiswa luar negeri, desa wisata dan zero waste, serta program unggulan lainnya,” ujarnya.

Diungkapkannya, berkas sejumlah program itu, hasil yang dicapai di antaranya jumlah UMKM NTB yang telah mencapai 279.345 per 22 November 2022. Pada sector kesehatan, program Posyandu keluarga telah menghantarkan NTB mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan, anugerah penghargaan STB Award hingga kategori percepatan 100% stop buang air sembarangan (SBS).

“Terobosan ini juga mendukung Zero Waste dalam pelibatan masyarakat serta target bebas sampah 2023. Terjadi peningkatan neraca pengelolaan sampah dari 20,06% pada tahun 2018 menjadi 50,44% tahun 2022. NTB Zero Waste juga memunculkan banyak inisiasi diantaranya eco-office, eco-school dan sebagainya,” sebutnya.

BACA JUGA: Kecewa tak ada Pejabat Pemda Kabupaten yang Hadir, Ketua MK dan Kades Puji Wali Kota Bima

Pada aspek lain, Pemprov NTB juga menggenjot program unggulan 99 desa wisata, di mana tercatat NTB telah memiliki 445 desa wisata dan mengembangkan infrastruktur dan inovasi untuk mendukung sektor pariwisata.

Sementara itu, lanjut Rohmi, program unggulan 1.000 Cendekia yang dimulai sejak tahun 2019, Pemprov NTB telah mengirimkan total awardee sebanyak 4.470 hingga tahun 2022. Tujuan program tersebut diharapkan membangkitkan semangat dan kepercayaan diri membangun daerah.

Tahun keempat kepemimpinan Zul-Rohmi di NTB dilihat dari representasi keberhasilan berbagai program unggulan, ditopang pula dengan event-event internasional seperti MotoGP, WSBK, MXGP, IATC, Iron Man, Shell Eco Marathon, Konvensi G20 dan lainnya sehingga membentuk peluang ekonomi baru di NTB. “Akhirnya, melalui hari yang bersejarah ini, mari kita songsong tahun politik 2023 menuju pesta demokrasi 2024 mendatang dengan rasa kekeluargaan dan saling mendukung, kita semakin bersatu, Insya Allah kita semakin maju,” pungkas Rohmi. [B-22]

Pos terkait