Ramadan Beradab Tahun 2021 Berakhir, 6 Peserta Disiapkan Lomba MTQ Mahasiswa tingkat Nasional

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si Bersama Panitia Ramadan Beradab dan Para Pemenang Lomba.

Bima, Berita11.com— Setelah dilaksanakan selama dua pekan, Ramadan Beradab, program ekstra Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima berakhir. Enam peserta dari kategori mahasiswa disiapkan mengikuti pembinaan berkelanjutan, yang disiapkan untuk musabaqah tilawatil quran (MTQ) tingkat nasional.

Pada penutupan Ramadan Beradab 2021, STKIP Taman Siswa Bima menyerahkan pengharagan kepada 34 siswa sekolah dasar yang menjadi jawara dalam lomba kegiatan Ramadan Beradab STKIP TSB. Penutupan juga dimeriahkan dua lagu religi dari Maramis Tamsis Beradab.

Buhari SE yang mewakili Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Taman Siswa Bima berharap kegiatan posisit seperti Ramadan Beradab terus ditingkatkan.

“kegiatan-kegiatan positif seperti ini harus terus ditingkatkan. Insya Allah tahun depan kita akan siapkan serta akan lebih memantapkan kegiatan-kegiatan ini,” ujar Buhari saat menyampaikan sambutan di  meeting room STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (8/5/2021).

Dia juga berharap kegiatan yang mengusung visi penguatan iman dan taqwa itu menjadi agenda tahunan. “Kami berharap kegiatan Ramadan Beradab bisa dijadikan agenda rutin bagi implementasi visi dan misi STKIP Taman Siswa Bima,” ujar dia.

BACA JUGA:  BEM REMA STKIP TSB Gelar Lomba Marathon antar-Pelajar se-Pulau Sumbawa

Sementara itu, Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si mengatakan, kampus yang dipimpinnya akan selalu berbenah. Dia menargetkan, STKIP TSB menjadi role model dalam berbagai kegiatan, terutama  dalam upaya peningkatan Imtaq dan Iptek.

“Kami akan hadir sebagai kampus role model dalam berkegiatan, khususnya kegiatan peningkatan Imtaq dan Iptek. Kami akan terus memegang prinsip terus berlari untuk mengejar ketertinggalan,” katanya.

Sementara itu ketua panitia, Ramli M.Pd mengatakan, kualitas peserta yang mengikuti lomba nyaris memiliki kualitas yang sama, sehingga panitia awalnya kesulitan menentukan juara setiap kategori lomba. Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan panitia.

“Namun pada kegiatan ini (RB, red) MAN 1 Bima menjadi salah satu sekolah yang berhasil menyabet piala melebihi sekolah-sekolah lain. Saat kami tanya kepada pembina sekolah tersebut, beliau menegaskan bahwa MAN 1 Bima selalu concern dengan kegiatan keagamaan,” kata Ramli.

BACA JUGA:  Tak Punya Fasilitas Air dan Listrik, TK Pembina Desa Bajo Butuh Perhatian Pemerintah

Ramli menjelaskan, sebagaimana penjelasan pembina MAN 1 Bima, Nirwan S.Pd.I, sekolah tersebut telah menyiapkan siswa yang memiliki kualitas setiap bidang, sehingga jika tiba lomba, sekolah tidak kesulitan memilih siswa yang akan diutus mengikuti lomba.

“Karena telah dilakukan pembinaan secara intensive dalam kurun waktu yang sangat lama, sehingga itulah modal mereka untuk juara,” katanya.

Untuk diketahui, Ramadab Beradab tahun1442 Hijria yang digelar STKIP Tamsis Bima mengusung tema, puasa tak menghentikan karya, manjaring peserta dari sekolah dasar sampai mahasiswa. Sejumlah kategori lomba di antaranya Tamsis Mengaji yang diperuntukan bagi mahasiswa, milenial berdakwah dan hifzil quran untuk pelajar tingkat SD hingga SMA. [B-19]