Catat Tanggalnya, STKIP Tamsis Gelar Sayembara Menulis Berhadiah Jutaan Rupiah, Naskah Terbaik Dibukukan

Ilustrasi Sayembara Menulis.

Bima, Berita11.com— Punya hobi menulis atau menuangkan ide dalam tulisan? Untuk menyalurkan dan mengukur kualitas tulisan itu, tidak salah jika Anda mengikuti sayembara menulis yang digelar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STIKP Tamsis) Bima.

Lomba yang terbuka untuk siswa SMA/SMK/MA atau sederajat, mahasiswa, guru dan dosen serta masyarakat umum ini digelar dalam rangka menyambut milad (dies natalis) XIII kampus STKIP Tamsis Bima.

Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si menyebut, selain menyongsong hari ulang tahun kampus, sayembara menulis digelar untuk menyemarakan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) pada 20 Mei 2021.

“Kami menggelar lomba menulis dengan tema Tamsis Beradab Bangun Budaya Menulis. Program tersebut untuk mendorong masyarakat umum untuk menuangkan ide, gagasan, dan kreatifitas melalui tulisan,”  ujarnya sebagaimana dikutip Kabag Humas dan Kerja Sama STKIP Taman Siswa, Selasa (18/5/2021) lalu.

BACA JUGA:  Ramadan Beradab Tahun 2021 Berakhir, 6 Peserta Disiapkan Lomba MTQ Mahasiswa tingkat Nasional

Mantan staf ahli DPR RI ini menyampaikan, salah satu ciri negara maju dan beradab ditandai banyaknya peninggalan karya tulis. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya upaya mewujudkan peradaban dengan menggelorakan budaya menulis secara berkelanjutan.

Dikatakannya, lomba menulis artikel populer tersebut dikoordinasi Program Studi Pendidikan Sejarah. Ada lima tema artikel yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah, Sosok Drs H. Sudirman Ismail dalam Membangun Pendidikan, Wirausaha Muda dalam Membangun Ekonomi Kreatif, Gagasan untuk STKIP Tamsis dalam Membangun Pendidikan untuk Peradaban, dan Jaga Hutan, Rawat Lingkungan untuk Peradaban.

“Sayembara yang akan dimulai penerimaan naskahnya tanggal 19 Mei hingga 12 Juni 2021 ini, terbuka untuk siswa SMA/SMK/MA atau sederajat, mahasiswa, guru dan dosen, serta masyarakat umum. Lomba hanya tertutup kepada semua unsur kepanitiaan,” ujar Ibnu.

BACA JUGA:  Gelar Yudisium Angkatan XVI, Ketua STKIP Tamsis Ingatkan Higher Order Thinking

Naskah yang diterima panitia akan dinilai oleh tim juri yang memiliki kompetensi mumpuni. Naskah terpilih sebagai juara pertama hingga harapan 2 akan diumumkan pada 21 Juni 2021 melalui situs resmi STKIP Tamsis Bima dan akun FB Taman Siswa Bima (official).  “Yang menarik adalah tersedia hadiah uang tunai jutaan rupiah serta piagam penghargaan untuk para juara,” kata Ibnu.

Selain juara 1 hingga harapan 2, naskah-naskah terbaik berdasar penilaian juri juga dibukukan. Hal itu sebagai apresiasi kampus terhadap gagasan yang sudah dituangkan oleh publik melalui artikel yang dikirim ke panitia.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam lomba menulis artikel populer tersebut bisa mengunduh panduan dan ketentuan kegiatan melalui http://bit.ly/TamsisBangunBudayaMenulis. Naskah artikel dikirim ke surel: stkiptamsisbima.humas07@gmail.com atau menghubungi narahubung yang tertera pada poster kegiatan. [B-19]