404 Pengawas TPS di Kota Bima Dilantik, Bawaslu Ingatkan tidak Terlibat Transaksi Apapun

Suasana pelantikan 404 Pengawas TPS dari lima kecamatan di Kota Bima yang dilaksanakan terpusat di aula SMKN 2 Kota Bima di Jl Gatot Soebroto Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin (22/1/2024).
Suasana pelantikan 404 Pengawas TPS dari lima kecamatan di Kota Bima yang dilaksanakan terpusat di aula SMKN 2 Kota Bima di Jl Gatot Soebroto Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin (22/1/2024).

Kota Bima, Berita11.com— Sebanyak 404 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTSP) Pemilu 2024 di Kota Bima dilantik oleh masing-masing Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Proses pelantikan berlangsung terpusat di aula SMKN 2 Kota Bima di Jl Gatot Soebroto Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin (22/1/2024).

Ketua Bawaslu Kota Bima, Atina berharap Pengawas TPS yang dilantik melaksanakan tugas dengan baik, bekerja secara professional dan selalu menjaga independensi.

Bacaan Lainnya

Atina juga meminta Pengawas TPS tidak terlibat transaksi apapu dalam melaksanakan tugas di TPS. Selain itu, Pengawas TPS harus mengawasi TPS tepat waktu, hadir dari sebelum kegiatan pemungutan suara di TPS dimulai dan tidak meninggalkan lokasi sebelum kegiatan di TPS selesai.

“Saya minta PTPS memiliki integritas yang tinggi dan saya mengetahui rekan-rekan punya keluarga keluarga yang sebagai caleg, tapi saya meminta dan imbau agar netral dalam pemilu tahun 2024,” kata mantan wartawan ini.

BACA JUGA: Mi6: Region Sunda Kecil Bakal Menjadi Epicentrum Perebutan Dukungan Pilpres 2024
Ratusan Pengawas TPS dari lima kecamatan di Kota Bima yang dilantik masing-masing Panwascam di aula SMKN 2 Kota Bima di Jl Gatot Soebroto Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin (22/1/2024).

Dia juga berharap agar Pengawas TPS bersemangat dalam melaksanakan tuga. Jangan melihat durasi tugas (kerja) yang hanya lebih kurang sebulan. Namun harus memahami peran krusial Pengawas TPS dalam mensukseskan Pemilu 2024.

Pada kesempatan yang sama, Asisten III Sekretariat Daerah Kota Bima, M Saleh mengatakan, Pemkot Bima mengapresiasi Bawaslu Kota Bima yang melaksanakan pelantikan dan sumbah Pengawas TPS.

“Kami berharap Pengawas TPS melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, karena sebagai ujung tombak pelaksana pemilu di tingkat TPS. Saya juga berharap agar poin-poin sumpah yang diucapkan dapat dipedomani dan dilaksanakan, karena sumpah tadi disaksikan langsung oleh Allah SWT,” ujar M Saleh.

Menurut mantan Kepala BKPSDM Kota Bima ini, Pengawas TPS merupakan tugas yang mulia mengawal pemilu sehingga melahirkan pemimpin yang amanah.

BACA JUGA: Soal Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu, Mantan Ketua IMM: bikin Bingung Publik

Saleh berharap, Bawaslu Kota Bima, Panwascam Pengawas Kelurahan Desa (PKD) membimbing Pengawas TPS sehingga dalam melaksanakan terlaksana dengan baik.

“Kepada Pengawas TPS harus berkomitmen dalam pemilu harus dilaksanakan dengan baik, karena menyangkut nasib bangsa selama lima tahun ke depan,” kata dia.

Pengawas TPS dilantik masing-masing Ketua Panwascam di Kota Bima. Adapun 404 Pengawas TPS di Kota Bima yang dilantik yaitu 82 orang dari Kecamatan Mpunda yang terdiri dari 49 laki-laki dan 33 perempuan.

Kemudian Pengawas TPS dari delapan kelurahan di Kecamatan Rasanae Barat sebanyak 76 orang, yang terdiridari 48 laki-laki dan 28 perempuan. Sementara Pengawas TPS dari enam kelurahan di Kecamatan Asakota sebanyak 88 orang yang terdiri dari 59 laki-laki dan 29 perempuan.

Pengawas TPS 11 kelurahan di Kecamatan Raba sebanyak 121 orang yang terdiri dari 74 laki-laki dan 49 perempuan, serta Pengawas TPS dari delapan kelurahan di Kecamatan Rasanae Timur sebanyak 52 orang yang terdiri 35 laki-laki dan 17 perempuan. [B-12]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait