Penerbangan Perdana Citilink Lombok-Bima bawa Ketua MK dan Pj Gubernur NTB

Foto bersama Ketua MK RI, Anwar Usman, Direktur Utama Citilink, Dewan Kadek Rai, Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri, Pj Wali Kota Bima, Muhammad Rum, Wabup Dompu, Syahrul Parsan dan anggota Forkopimda Bima dan Dompu usai penerbangan perdana Lombok-Bima Maskapai Citilink, Sabtu (7/10/2023).
Foto bersama Ketua MK RI, Anwar Usman, Direktur Utama Citilink, Dewan Kadek Rai, Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri, Pj Wali Kota Bima, Muhammad Rum, Wabup Dompu, Syahrul Parsan dan anggota Forkopimda Bima dan Dompu usai penerbangan perdana Lombok-Bima Maskapai Citilink, Sabtu (7/10/2023).

Bima, Berita11.com— Maskapai Citilink resmi beroperasi melayani penerbangan Lombok (Bizam) – Bima Nusa Tenggara Barat dan rute sebaliknya mulai Sabtu (7/10/2023).

Penerbangan perdana anak perusahaan Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Muhammad Zainuddin Majid (Bizam) Lombok ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima tersebut memuat puluhan penumpang, di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Repubik Indonesia (MK RI), Anwar Usman dan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariadi.

Bacaan Lainnya

Pada penerbangan perdana Sabtu (7/102023), pesawat Citilink ATR 72-600 tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima sekira pukul 15.00 Wita dan disambut selebrasi water salute atau penyemprotan air melalui water canon ke badan pesawat.

Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai mengatakan, pihaknya berharap rute penerbangan Lombok-Bima dan sebaliknya mendukung kegiatan ekonomi masyarakat Bima-Dompu mengingat tingginya mobilitas masyarakat.

Selain itu, Kadek juga berharap kehadiran maskapai Citilink mendukung sektor pariwisata di Bima Dompu semakin berkembang dan dikenal oleh dunia.

“Atas dukungan Bapak-Ibu, akhirnya Citilink mendarat di Bima. Dengan dibukannya rute penerbangan dari Lombok-Bima diharapkan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, termasuk kegiatan sektor pariwisata,” ujarnya.

“Kami optimis kegiatan pariwisata di Bima akan berkembang pesat dan dikenal dunia,” tambahnya.

Sementara Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi khusus kepada Ketua MK RI, Anwar Usman yang berperan penting hingga maskapai Citilink dapat melayani rute Lombok-Bima dan sebaliknya.

Pj Gubernur NTB, H Lalu Giata Ariadi saat menyampaikan sambutan.

“Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, izinkan kami sampaikan terima kasih kepada Ketua MK, Bapak Prof Dr Anwar Usman SH MH yang terus membersamai kami. Alhamdulillah hari ini maskapai Citilink sudah mendarat di bandara kita. Ini respon biak dari Dirjen dan Maskapai Citilink berkat doa dan dukungan serta bantuan ayahanda kita Prof Dr Anwar Usman SH MH,” ujar Bupati Bima saat menyampaikan sambutan penerbangan perdana Maskapai Citilink di ruang tunggu VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

BACA JUGA: Trend Kasus DBD di Kecamatan Bolo Menurun, 44 Orang Sembuh

Menurut Hj Indah Dhamayanti Putri, sudah lama masyarakat Bima dan investor mengharapkan penambahan maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin.

“Kami yakin masuknya Citilink akan mendorong perekonomian masyarakat. Kami akan mengiformasikan kembali kepada investor bahwa ada penambahan maskapai di Bima,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Penjabat Gubernur NTB, H Lalu Gita Ariadi mengatakan, masuknya maskapai Citilink di Bima atas peran Ketua MK RI, Anwar Usman.

“Dengan rasa bangga dan syukur kami sampaikan. Setinggi-tingginya bangau terbang, pikirannya ke kubangan juga. Sejauh-jauhnya Bapak Anwar Usman berkarir, kembali ke kampungnya juga. Masuknya Citilink di Bima atas perananan beliau. Dengan adanya putra-putra terbaik NTB, insya Allah NTB akan Melaju dengan cepat,” katanya.

Gita berharap, kehadiran Citilink melayani rute penerbangan Bima-Lombok dan sebaliknya, menjawab kebutuhan masyarakat Bima yang memiliki mobilitas tinggi akan moda transportasi udara.

Menurutnya, pada tahun 2028 mendatang Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, sehingga penambahan rute penerbangan memiliki arti strategis membangun “jembatan” udara.

Gita juga menyampaikan program Pemprov NTB yang dipimpinnya melalui tagline NTB Melaju. Pemprov NTB akan melaksanakan Jumat Salam (Jumpai Masyarakat Selesaikan Persoalan) dengan mendatangi desa-desa di Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA: Dukung Libur Nataru, UP Bandara Bima Antisipasi Potensi Gangguan

“Kami di Pemprov NTB akan melaksanakan program Jumat Salam, langsung ke desa desa membawa kepala-kepala OPD,” ujarnya.

Sementara itu Ketua MK RI, Anwar Usman, mengungkapkan, dibukanya rute penerbangan Lombok-Bima dan sebaliknya oleh Maskapai Citilink tidak terlepas peran serta dan respon direktur perusahaan maskapai tersebut.

“Pada saat ini juga hadir Kapolres Bima, dari Dompu dan jajaran Forkopimda Bima dan Dompu. Hadir hanya untuk memperkenalkan Citilink bagaimana nikmatnya penerbangan,” ujarnya.

Menurut mantan Guru Agama Islam tersebut, bertambahnya maskapai yang melayani penerbangan ke Bima memiliki manfaat strategis. Dirinya pun merasakan dampak jumah maskapai yang dari Bima keluar daerah dan sebaliknya yang terbatas.

“Jadi selama ini terus terang kadang kadang kehadiran dan kedatangan saya di Bima tertunda. Maka dengan tambahan dan kehadiran Citilink berguna untuk masyarakat,” ujarnya.

Anwar juga berharap Maskapai Citilink membuka rute penerbangan dari Bima ke Labuan Bajo dan sebaliknya, sehingga memiliki konektivitas dengan Bali dan Lombok. Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya akan membantu berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan.

Menurutnya, Bima memiliki potensi pariwisata pesisir seperti objek wisata Pantai Lawata, sama seperti Kota Istambul Turki.

Pada bagian lain, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Fitra Jaya juga menyambut positif dibukanya rute penerbangan Bima-Lombok dan sebaliknya oleh Maskapai Citilink.

Ia optimis bertambahnya maskapai di bandara setempat akan terus mendorong pertumbahan ekonomi masyarakat Bima dan Dompu.

Untuk diketahui pesawat ATR milik Maskapai Citilink yang melayani rute Bima-Lombok dan sebaliknya memiliki kapasitas 72 kursi penumpang. [B-17/B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait