Wujudkan Indonesia Sehat-Hebat, BINDA NTB Gelar Vaksinasi Massal

Warga Mengantri untuk Mendapatkan Vaksin Covid-19 pada Vaksinasi Massal yang Digelar BINDA NTB di Aula Kantor Camat Woha, Jumat (19/11/2021).

Bima, Berita11.com— Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Nusa Tenggara Barat melalui Posda Kabupaten Bima menggelar vaksinasi massal pada empat titik posko vaksinasi di Kabupaten Bima, Jumat (19/11/2021) pagi hingga sore. Kegiatan serupa pada hari yang sama juga digelar pada sejumlah kota dan kabupaten di Bumi Gora.

Vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Bima digelar di Aula Kantor Camat Woha, aula kantor Desa Darussalam Kecamatan Bolo,  SMPN 5 Bolo di Desa Kara Kecamatan Bolo dan di aula kantor Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Vaksinasi massa bertajuk Indonesia Sehat- Indonesia Hebat ini menyasar pelajar, santri dan masyarakat umum.

Sejak Jumat pagi, ratusan warga mengantri di halaman kantor Camat Woha di Jalan Lintas Tente, di Desa Rabakodo, Kecamatan Woha untuk mendapatkan vaksin. Kegiatan ini juga antusias diikuti para pelajar.

Salah satu peserta vaksinasi, Yusi Wulandari mengaku sengaja datang lebih awal di kantor Camat Woha untuk mendapatkan vaksinasi. Sejak awal dia sudah berniat menerima vaksin gratis yang disiapkan oleh pemerintah.

Suasana Vaksinasi Massal yang Digelar BINDA NTB di Aula Kantor Camat Woha, Jumat (19/11/2021).

Warga Desa Naru, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima ini menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan khususnya BINDA NTB yang telah menfasilitasi dan melaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat, di mana kegiatan vaksinasi aman dan dapat meningkatkan kekebalan, khususnya dalam rangka mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity).

BACA JUGA:  Soal Masjid di Perumahan Relokasi, ini Penegasan Kepala Kemnag Kabupaten Bima

“Untuk masyarakat lain tidak usah takut, karena vaksin aman,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh tokoh pemuda Desa Rabakodo Kabupaten Bima, Musliadin. Dia menyampaikan apresiasi atas vaksinasi massal Indonesia Sehat-Indonesia Hebat yang digelar BINDA NTB.

Menurutnya, masyarakat tak perlu khawatir untuk mengikuti vaksinasi. “Kalau saya ikut vaksinasi 1 itu sejak bulan 3 tahun 2021 lalu,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Woha, dr Dewi Puspaningsih, menjelaskan vaksinasi massal hasil kolaborasi pihaknya dengan Badan Intelijen Negara (BIN) antusias diikuti masyarakat. Terbukti dengan membludaknya peserta vaksinasi yang berlangsung di aula kantor Camat Woha. Vaksinasi massal telah tiga hari dilaksanakan pihaknya. Vaksinasi massal juga digelar dengan dukungan TNI-Polri, yakni Polsek Woha dan Koramil 1608-04/ Woha.

“Tidak usah takut untuk mengikuti vaksinasi, karena akan mewujudkan kekebalan tubuh,” ujarnya.

Pada hari yang sama, Pemerintah Desa Darussalam Kecamatan Bolo, Puskesmas Bolo dan BINDA NTB menggelar vaksinasi massal di aula kantor desa setempat. Kegiatan ini antusias diikuti para pelajar, masyarakat umum dari berbagai profesi.

BACA JUGA:  Pacu Target Vaksinasi di Kota Bima, BIN Bersama TNI-Polri Gelar Vaksinasi Door to Door

Tokoh masyarakat Desa Darusalam yang juga Pendamping Desa, Thamrin SH mengungkapkan apresiasi atas pelaksanaan vaksinasi massal secara gratis di desa setempat. Hal ini sangat membantu masyarakat yang belum mendapatkan dosis vaksin.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan khususnya lembaga BIN,” ujar mantan anggota Panwascam Bolo ini.

Pendamping Desa Kabupaten Bima, Thamrin SH.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Darussalam, Abdurrahman. Menurutnya, kegiatan vaksinasi massal yang digelar BINDA NTB bersama Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kesehatan sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama yang belum mendapatkan dosis vaksin secara lengkap.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak khawatir mengikuti vaksinasi. Secara umum progres vaksinasi di desa setempat telah mencapai 60 persen. “Ada juga warga kami yang mengikuti vaksinasi di desa lain atau tempat lain, tapi belum masuk dalam satu data, sehingga perlu perbaikan sistem pelaporan, karena kami yakin capaian hampir semua,” ujarnya.

Sejumlah Siswa di Kabupaten Bima Antusias Mengikuti Vaksinasi Massal.

Apresiasi yang sama juga disampaikan sejumlah pelajar yang mengikuti kegiatan vaksinasi BINDA NTB di SMPN 5 Bolo Kabupaten Bima. [B-11/B-17]