Lantik 123 PPS untuk Pemilu 2024, Ketua KPU Kota Bima Ingatkan PR Masalah Data Pemilih

Ratusan Anggota PPS untuk Pemilu 2024 yang dilantik oleh KPU Kota Bima di Hotel Mutmainnah Kota Bima, Selasa (24/1/2023). Foto MR/ Berita11.com.
Ratusan Anggota PPS untuk Pemilu 2024 yang dilantik oleh KPU Kota Bima di Hotel Mutmainnah Kota Bima, Selasa (24/1/2023). Foto MR/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melantik 123 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas  pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Prosesi pelantikan digelar di Hotel Mutmainnah Kota Bima, Selasa (24/1/2023) pagi.

Sebanyak 123 PPS yang dilantik merupakan 18 orang panitia dari enam kelurahan di Kecamatan Asakota, 18 anggota PPS dari enam kelurahan di Kecamatan Rasanae Barat, 30 anggota PPS dari 10 kelurahan di Kecamatan Mpunda, 33 anggota PPS dari 11 kelurahan di Kecamatan Raba dan 24 anggota PPS dari delapan kelurahan di Kecamatan Rasanae Timur.

Pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan KPU Kota Bima tentang penetapan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Bima oleh Sekertaris KPU Kota Bima, Drs Najmah. Kegiatan dilanjutkan sumpah jabatan dan tanda tangan integritas yang dipimpin Ketua KPU Kota Bima, Mursalim.

Ketua KPU Kota Bima Mursalim mengatakan, 123 anggota PPS yang dilantik merupakan hasil rekrutmen oleh KPU. Pada awalnya KPU Kota Bima menerima 537 pendaftar calon anggota PPS dan dalam prosesnya 421 mengikuti seleksi tertulis berbasis CAT. Kemudian pada tahapan seleksi wawancara diikuti 338 orang.

“Yang lulus atau dipilih ini adalah putra dan putri terbaik yang telah melalui proses oleh KPU Kota Bima sesuai aturan yang berlaku,” kata Mursalim.

Komisioner KPU Kota Bima, Pejabat Pemkot Bima dan Bawaslu Kota Bima saat Menyaksikan Pelantikan Anggota PPS se-Kota Bima di Hotel Mutmainnah Kota Bima, Selasa (24/1/2023). Foto MR/ Berita11.com.

Dikatakannya, anggota PPS memiliki tugas dan wewenang dalam penyelenggaraan Pemilu, di antaranya merekrut petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang akan dilakukan dalam tak lama lagi.

BACA JUGA:  Nyaris Dikeroyok Massa, Terduga Pencuri Ternak Ditangkap Tim Opsnal Brimob

“Perlu kami sampaikan lebih awal, bahwa data pemilih masih menjadi masalah hingga hari pemungutan,” katanya.

Mursalim berharap, Pantarlih yang kelak akan direkrut oleh PPS merupakan petugas yang berkualitas dan profesional.  

“Kewenangan lainnya adalah mengangkat KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) satu bulan sebelum hari pemungutan suara. Ini juga jangan sampai yang diangkat adalah orang yang memiliki kepentingan tertentu, yang tidak sesuai dengan aturan,” katanya mengingatkan.

Dia juga menyebut, masa kerja anggota PPS yang dilantik terhitung Januari 2023 hingga April 2024 mendatang.

Staf Ahli Wali Kota Bima, H Alwi Yasin  yang mewakili Wali Kota Bima mengingatkan, pada Pemilu 2019 banyak penyelenggara Pemilu terutama PPS yang meninggal dunia karena tuntutan kerja yang sangat padat. Untuk itu, dirinya berharap seluruh anggota PPS yang baru dilantik agar menyiapkan diri menghadapi tantangan itu.

“Pada acara pelantikan anggota PPS pagi hari ini saya menyampaikan bahwa Wali Kota Bima tidak bisa hadir karena ada kegiatan lainnya,” ujarnya.

Dikatakannya, anggota PPS bertanggung jawab atas pekerjaan di lapangan dan dimintai pertanggung jawaban. Tanggung jawab itu melekat setiap anggota PPS karena telah disumpah dan dilantik.

“Jadikan bekerja untuk ibadah, sehingga hasil kerja dapat berkah dan dapat berjalan lancar. Jangan pernah bekerja untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, sehingga dapat menimbulkan instabilitas di Kota Bima,” pesan mantan Kepala Dinas Dikpora Kota Bima itu.

BACA JUGA:  Tak Mau Menunda, PDIP Loteng Langsung Distribusikan Beras Premium dari Ketua DPR

Mantan Kepala Bappeda Kota Bima itu juga mengapresiasi KPU Kota Bima karena mampu melaksanakan tahapan pemilihan umum tahun 2024 dengan menuntaskan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota PPS.  Setelah pelantikan tersebut, Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 terselenggara dengan baik.

Ratusan Anggota PPS untuk Pemilu 2024 yang dilantik oleh KPU Kota Bima di Hotel Mutmainnah Kota Bima, Selasa (24/1/2023). Foto MR/ Berita11.com.

“Kami berharap dalam melaksanakan sosialisasi pada masyarakat dengan menjelaskan yang menjadi ilmu, sehingga bagi calon pemilih dapat memperoleh informasi secara gamblang, sehingga masyarakat melakukan pemilihan umum dengan bebas dan rahasia, dengan spirit semangat Maja Labo Dahu (malu dan takut),” ujar Alwi.

Pelantikan PPS oleh KPU Kota Bima dihadiri 150 orang, di antaranya lima komisioner KPU Kota Bima, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima, Muhaimin dan anggota, Staf Ahli Wali Kota Bima, H Alwi Yasin, Kepala Satuan Intel Keamanan Polres Bima Kota, AKP Madar Arta Yasa, Perwira Sandi Kodim 1608/ Bima, Letda M Adnan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bima, Muhammad Hasyim, Staf Rutan Raba Bima, Dedy Aryadi, pejabat Imigrasi Kelas III Bima, Suhardin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima, Hj Mariamah,  camat dan lurah se-Kota Bima.  [B-12]