Waspada Potensi Cuaca Ekstrem selama Transisi Musim! BMKG Bima: Curah Hujan Menurun Mulai 10 Maret

Petugas Stamet Bima Sedang Memonitor Kondisi Cuaca yang Ditangkap Satelit Melalui Layar Monitor Komputer. Foto US/ Berita11.com.
Petugas Stamet Bima Sedang Memonitor Kondisi Cuaca yang Ditangkap Satelit Melalui Layar Monitor Komputer. Foto US/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com—Stasiun Meteorologi (Stamet) Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (BMKG Bima) mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca eksterm selama transisi musim hujan ke musim kemarau Maret hingga April 2023.

BMKG Bima memprediksi curah hujan di wilayah Bima dan Dompu akan menurun mulai 10 Maret 2023 seiring masuknya awal musim kemarau.

Bacaan Lainnya

Kepala Stamet Sultan Salahuddin (BMKG Bima), Satria Topan Primadi mengatakan, meskipun periode transisi musim cukup singkat, namun sering terjadi cuaca signifikan berupa peningkatan pertumbuhan awan yang mengakibatkan curah hujan tinggi sehingga memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, maupun angin kencang atau angin puting beliung.

BACA JUGA:  Bupati Bima Resmikan Bendung Sori Rasa dan Tolomoti Wera

“Pada tanggal 10 Maret hingga April 2023 curah hujan dipredikasi akan menurun seiring dengan masuknya awal musim kemarau di wilayah Bima dan Dompu pada bulan April 2023,” ujarnya melalui pernyataan tertulis, Selasa (7/3/2023).

Kondisi tersebut telah dipaparkan BMKG Bima saat rapat koordinasi kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dan penganan pasca banjir yang diselenggarakan di kantor BPBD Kota Bima bersama dengan BNPB dan Sekda Kota Bima.

Rakor merupakan salah satu upaya BMKG merespon kejadian bencana hidrometeorologi, bencana banjir yang terjadi di wilayah Kota Bima pada Minggu, 5 Maret 2023, yang  menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terdampak.

Dalam pertemuan itu, Sultan Muhammad Salahuddin (BMKG Bima) bersama BPBD Kota Bima membahas surat keputusan (SK) status tanggap bencana dampak banjir di Kota Bima.

BACA JUGA:  Setelah Hujan Lebat di Bima, Pria Paruh Baya Terseret Banjir dan Pohon Melintang di Jalan Negara

BMKG Bima juga memberikan penjelasan kepada BPBD dan Sekda Kota Bima tentang diseminasi informasi cuaca ekstrem yang telah dikeluarkan oleh BMKG Bima sebelum bencana banjir di Kota Bima, Minggu, 5 April 2023.

Disemisasi informasi cuaca ekstrem tersebut telah disebarkan melalui kanal media Sosial.

Berdasarkan pertimbangan dari informasi berupa analisa dan prediksi cuaca yang telah diberikan oleh BMKG Bima, dalam Rakor tersebut diputuskan tanggap darurat bencana banjir di Kota Bima diperpanjang hingga sepekan atau hingga Kamis, 9 Maret 2023. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait